PENGEMBANGAN LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) BERBASIS PBL (Problem Based Learning) PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DI SMA NEGERI 1 LUBUK PAKAM

Nabila, Raisa (2022) PENGEMBANGAN LKPD (Lembar Kerja Peserta Didik) BERBASIS PBL (Problem Based Learning) PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DI SMA NEGERI 1 LUBUK PAKAM. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4163341043 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4163341043 COVER.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4163341043 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4163341043 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (442kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4163341043 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4163341043 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (304kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4163341043 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4163341043 PREFACE.pdf - Published Version

Download (310kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4163341043 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4163341043 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4163341043 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4163341043 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (300kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4163341043 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4163341043 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (283kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4163341043 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4163341043 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD biologi kelas X SMA berbasis Problem Based Learning pada materi perubahan lingkungan yang layak digunakan dalam proses pembelajaran menurut ahli materi, guru dan siswa serta menurut ahli pembelajaran. Kemudian untuk mengetahui keefektifan penggunaan LKPD tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan mengunakan metode R&D (Research and Development) yang bertujuan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifannya. Instrumen yang digunakan adalah angket dan wawancara, di mana angket sudah divalidkan oleh validator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelayakan LKPD pada materi perubahan lingkungan berbasis problem based learning menurut ahli materi adalah sebesar 94,2% atau tergolong sangat layak, untuk ahli pembelajaran sebesar 81% dengan kategori layak, dan menurut ahli desain 86,3% dengan kategori sangat layak, dan menurut respon siswa mendapatkan presentasi 100% yaitu positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2022 BIO 032
Uncontrolled Keywords: Problem based learning; Perubahan lingkungan; Lembar kerja peserta didik; Sumber belajar; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 07 Jun 2022 04:28
Last Modified: 07 Jun 2022 04:28
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45998

Actions (login required)

View Item
View Item