PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA MATEMATIKA REALISTIK KELAS VII SMP GAJAH MADA

Surbakti, Grace Claudia (2021) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS ETNOMATEMATIKA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PADA MATEMATIKA REALISTIK KELAS VII SMP GAJAH MADA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4173111028 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4173111028 COVER.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4173111028  APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4173111028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (135kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4173111028  ABSTRCT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4173111028 ABSTRCT.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4173111028  PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4173111028 PREFACE.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4173111028  TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4173111028 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (43kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4173111028  CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4173111028 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (441kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4173111028  CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4173111028 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4173111028  BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4173111028 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis etnomatematika untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siwa yang valid, efektif dan praktis. Jenis penelitian yang digunakan mengacu pada model pengembangan adalah 4-D (define, design, develop dan disseminate). Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Gajah Mada yang berjumlah 23 siswa. Berdasarkan hasil analisis penelitian, diperoleh : (1) LKPD yang dikembangkan memenuhi kategori valid dengan rata –rata 3,6 (2) LKPD yang dikembangkan memenuhi kategori efektif dengan ketuntasan klasikal sebesar 91,3% dan ketercapain indikator diatas 75% (3) Dari segi kepraktisan, diperoleh respon positif sebesar 96,47%. Hal ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan LKPD yang dikembangkan termasuk kategori baik untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2022 MAT 064
Keywords: Etnomatematika; Matematika realistik; Komunikasi Matematis; Lembar kerja peserta didik; Segitiga
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 13 May 2022 07:49
Last Modified: 13 May 2022 07:49
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45914

Actions (login required)

View Item
View Item