ETNOBOTANI TANAMAN PEKARANGAN SEBAGAI RAMUAN MANDIAN TRADISIONAL PADA MASYARAKAT SUKU SIMALUNGUN, KECAMATAN RAYA, KABUPATEN SIMALUNGUN

Sinaga, Mia Endang Sari (2021) ETNOBOTANI TANAMAN PEKARANGAN SEBAGAI RAMUAN MANDIAN TRADISIONAL PADA MASYARAKAT SUKU SIMALUNGUN, KECAMATAN RAYA, KABUPATEN SIMALUNGUN. In: Prosiding Webinar Nasional VII Biologi dan Pembelajarannya, 27 Oktober 2021, Gedung Pascasarjana Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of Text.pdf]
Preview
Text
Text.pdf - Published Version

Download (599kB) | Preview

Abstract

Ethnobotani adalah bagian dari ilmu botani yang mempelajari tentang pemanfaatan tumbuhan dalam kehidupan sehari-hari secara tradisional oleh suatu suku Bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja jenis tumbuhan pekarangan yang digunakan, bagaimana cara pengolahan, serta apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari ramuan mandian tradisional oleh masyarakat suku Batak Simalungun, di Kelurahan Dalig Raya, Kecamatan Raya, Kabupaten Simalungun. Penelitian dilakukan dengan metode observasi, wawancara, determinasi, dan pembuatan herbarium. Pengambilan sampel responden masyarakat dilakukan secara pendekatan metode purposive random sampling, yaitu sampel diambil secara sengaja berdasarkan tujuan penelitian Hasil penelitian yaitu tumbuhan obat yang digunakan untuk ramuan mandian tradisional oleh masyarakat suku Simalungun ada 9 spesies dari 5 famili, urvey yang paling banyak digunakan adalah Zingiberaceae. Bagian tumbuhan yang digunakan adalah daun. Manfaat dari ramuan mandian tradisional ini Selain untuk menyegarkan dan efek rileksasi, juga untuk mengurangi bau badan, mengatasi masalah kulit seperti gatal-gatal dan biang keringat. Selain itu juga sering digunakan untuk ibu nifas dan bayi yang baru lahir.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Etnobotani, ramuan mandian tradisional, Suku Simalungun
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 18 Apr 2022 03:20
Last Modified: 18 Apr 2022 03:20
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45859

Actions (login required)

View Item
View Item