KARAKTERISASI KERAGAMAN AKSESI DAN HUBUNGAN KEKERABATAN BAWANG MERAH VARIETAS SITAPAK (Allium ascalonicum L var. Sitapak) DI KABUPATEN SAMOSIR

Nasution, Nurdiana and Gultom, Tumiur and Djulia, Ely (2021) KARAKTERISASI KERAGAMAN AKSESI DAN HUBUNGAN KEKERABATAN BAWANG MERAH VARIETAS SITAPAK (Allium ascalonicum L var. Sitapak) DI KABUPATEN SAMOSIR. In: Prosiding Webinar Nasional VII Biologi dan Pembelajarannya, 27 Oktober 2021, Gedung Pascasarjana Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of Text.pdf]
Preview
Text
Text.pdf - Published Version

Download (462kB) | Preview

Abstract

Indonesia memiliki banyak varietas lokal bawang merah sebagai sumber plasma nutfah yang penting untuk tujuan pemuliaan varietas unggul. Pada daerah Sumatera Utara, wilayah Samosir dikenal dengan produksi bawang merah sebagai primadona hasil pertanian. Varietas Sitapak merupakan varietas bawang merah asli Samosir. Selain sebagai kekayaan plasma nutfah, bawang merah varietas Sitapak juga hampir punah keberadaannya karena adanya bawang merah impor dan bibit yang mulai dimasukkan pemerintah ke wilayah Samosir serta banyak lahan yang dialihkan ke pertanian lain. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengkarakterisasi beberapa aksesi bawang merah varietas Sitapak dan untuk mengetahui hubungan kekerabatannya. Penelitian ini dilaksanakan bulan Juli – September 2021 di Kecamatan Palipi, Kecamatan Sianjur mula-mula, dan Kecamatan Harian. Penelitian menggunakan metode survey dan mengidentifikasi aksesi-aksesi yang didapat dengan menggunakan 22 karakter seperti warna daun, bentuk daun, jumlah daun, posisi daun, bentuk daun, jumlah tangkai bunga perumpun, warna bunga, jumlah bunga, bentuk bunga, umur mulai berbunga, bentuk umbi, jumlah umbi, warna umbi, diameter umbi, warna kulit umbi, warna bagian dalam umbi, keseragaman bentuk umbi, berat 100 umbi, warna biji, bentuk biji, jumlah biji, tinggi tanaman, bobot basah umbi perumpun, bobot kering umbi perumpun, dan bobot basah-kering . Metode analisis yang digunakan adalah analisis cluster (pengelompokan) untuk menilai kemiripan antar koleksi varietas bawang merah dengan metode analisis dendogram. Data-data ditransformasikan menjadi data biner dalam bentuk matriks. Dari hasil yang diperoleh menunjukan ada kesamaan karakter pada amatan bentuk daun, warna bunga, bentuk bunga, serta warna umbi, warna bagian dalam umbi, warna biji, namun ada variasi pada tinggi tanaman, jumlah daun, diameter umbi, bobot umbi, jumlah anakan, jumlah daun, warna daun, dan bentuk umbi. Kekerabatan terjauh pada aksesi A3 dan A4 dengan persentase 52% dan kekerabatan yang terdekat yaitu pada aksesi A4 dan 6 dengan persentase similaritas 91%.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Karakterisasi, Aksesi, Hubungan Kekerabatan, Bawang Merah Varietas Sitapak
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 11 Apr 2022 05:59
Last Modified: 11 Apr 2022 07:37
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45840

Actions (login required)

View Item
View Item