Penentuan Perubahan Entalpi Pada Proses Pembentukan Senyawa Kompleks Antara Logam Ag+ Dengan Lingan NH3, Pyr. Dien dan en Menggunakan Program NWCHEM 6.2.

Nugraha, Asep Wahyu (2012) Penentuan Perubahan Entalpi Pada Proses Pembentukan Senyawa Kompleks Antara Logam Ag+ Dengan Lingan NH3, Pyr. Dien dan en Menggunakan Program NWCHEM 6.2. In: SEMINAR NASIONAL DALA.M RANGKA SEMIRATA BKS-PTN WIL!.:YAH BARAT BIDANG MIPA TAHUN2012, 11 -12 Mei, Hotel Madani Medan.

[thumbnail of Peer Reviewer.pdf]
Preview
Text
Peer Reviewer.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Article.pdf]
Preview
Text
Article.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian teoritis pada penentuan entalpi pada proses pembentukan senyawa kompleks dari logam perak dengan ligan- ligan NH, en, pyr, dan dien serta penentuan senyawa kompleks yang paling stabil. Penelitian ini telah dilaksanakan di Laboratorium Kimia FMIPA UNIMED Medan dan Laboratorium Kimia Fisika FMIPA ITB Bandung. Alat- alat yang digunakan adalah seperangkats erver dengan software NWCHEM 6.2. Berdasarkan hasil perhitingan dan analisis hasil perhitungan dapat dikemukakan beberapa kesimpulan sebagai berikut : Metode perhitungan komputasi yang paling optimal dalam penentuan Energi unsur Ag, senyawa, dan ligan- ligan NH, pyr, en, dan dien, dan senyawa kompleks yang berbentuk adalah basis set perhitungan Density functional specific (DFT Orbital). Besarnya perubahan energi pada proses pembentukan senyawa kompleks dikemukakan sebagai berikut : Ah [ Ag( NH¬¬¬¬¬¬¬¬3)2]+ =480.4552 kl/mol, AH [ Ag( Pyr¬¬¬¬)2]+ = 496.2108 kl/mol, AH [ Agdien]+ = 1231322.929kl/mol, AH [ Ag(EN)2]+ = 495503.8086 kl/mol, dan senyawa kompleks yang paling mudah terbentuk adalahs enyawa kompleks [ Ag( Pyr¬¬¬¬)2]+

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: perak; ligan; senyawa kompleks; perubahan entalpi, nwchm
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Q Science > QD Chemistry > QD701 Photochemistry
Q Science > QD Chemistry > QD71 Analytical chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 06 Apr 2022 08:52
Last Modified: 18 Apr 2022 03:02
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45818

Actions (login required)

View Item
View Item