INOVASI KEGIATAN TRI DARMA PERGURUAN TINGGI PADA MATERI BIOLOGI DALAM MENGHADAPI RI 4.0 DI ERA NEW NORMAL PANDEMIC COVID 19

Harahap, Fauziyah and Ningsih, Ayu Putri and Zaimah, Ummi and Dalimunthe, Khoirunnisya (2021) INOVASI KEGIATAN TRI DARMA PERGURUAN TINGGI PADA MATERI BIOLOGI DALAM MENGHADAPI RI 4.0 DI ERA NEW NORMAL PANDEMIC COVID 19. In: Prosiding Webinar Nasional VII Biologi dan Pembelajarannya, 27 Oktober 2021, Gedung Pascasarjana Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of Text.pdf]
Preview
Text
Text.pdf - Published Version

Download (412kB) | Preview

Abstract

Hadirnya revolusi industri 4.0 secara mendasar mengubah cara hidup, cara kerja, lapangan kerja, dan cara berkomunikasi satu sama lain. Revolusi ini membawa perubahan secara drastis apabila dibandingkan dengan era revolusi industri sebelumnya. Banyak hal yang belum terpikirkan sebelumnya kemudian tiba-tiba muncul menjadi suatu inovasi baru yang membawa dampak yang sangat besar. Salah satunya dalam dunia pendidikan pada saat pandemi Covid-19. Pandemi Covid-19 ini menyebabkan diterapkannya berbagai kebijakan untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19 di Indonesia, salah satunya dengan melaksanakan proses pembelajaran daring dari rumah. Pelaksanakan pembelajaran daring merupakan salah satu model pembelajaran yang dilakukan pada masa pandemi guna meningkatkan fleksibilitas dan aksesibilitas pembelajaran dimanapun berada, terutama ditengah kondisi pandemi Covid-19. Keadaan ini menuntut sekolah-sekolah untuk dapat beradaptasi dengan sistem digital untuk memfasilitasi pembelajaran jarak jauh. Namun semua itu tidak akan menjadi pembatas tetapi menjadi peluang dan tantangan untuk menghadapi revolusi industri 4.0. Salah satunya dalam berinovasi melakukam kegiatan Tri Darma Perguruan Tinggi sehingga mampu menghasilkan produk yang berkontribusi dalam penyelesaian tugas mahasiswa seperti skripsi dan tesis, buku, jurnal, serta dapat diseminarkan baik secara nasional maupun secara internasional.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Covid-19, Pembelajaran Daring, Revolusi Industri, Tri Darma Perguruan Tinggi
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 06 Apr 2022 03:33
Last Modified: 02 Aug 2022 01:02
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45808

Actions (login required)

View Item
View Item