DEVELOPMENT INSTRUCTIONAL BOOK BASED CONTEXTUAL WITH THE THEME SEHAT ITU PENTING FIFTH GRADE STUDENTS ISLAMIC ELEMENTARY SCHOOL STATE OF SUBULUSSALAM

Sihotang, Candra DEVELOPMENT INSTRUCTIONAL BOOK BASED CONTEXTUAL WITH THE THEME SEHAT ITU PENTING FIFTH GRADE STUDENTS ISLAMIC ELEMENTARY SCHOOL STATE OF SUBULUSSALAM. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 8136121004 Cover.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 8136121004 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (634kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 8136121004 Abstrak.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 8136121004 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 8136121004 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 8136121004 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 8136121004 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 8136121004 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 8136121004 Bab I.pdf - Published Version

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 8136121004 Bab V.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 8136121004 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (196kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) menghasilkan buku ajar yang layak digunakan, mudah dipelajari pebelajar dan dapat dipakai untuk pembelajaran individual, (2) untuk mengetahui keefektifan buku ajar yang dikembangkan pada tema “Sehat itu Penting�. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan produk Borg dan Gall yang dipadu dengan model desain pembelajaran Dick dan Carey. Metode penelitian terdiri dari dua tahapan, Tahap I merupakan uji coba produk yang terdiri dari : (1) validasi ahli materi pelajaran, (2) validasi ahli desain pembelajaran, (3) validasi ahli media pembelajaran, (4) uji coba perorangan, (5) uji coba kelompok kecil, dan (6) uji coba lapangan terbatas; tahap II merupakan uji efektifitas produk dengan cara: (1) menguji normalitas data penelitian, (2) menguji homogenitas data penelitian, (3) menguji hipotesis penelitian, dan (4) menghitung nilai efektifitas buku ajar yang dikembangkan.Subjek uji coba terdiri dari dua ahli materi pelajaran tematik, dua ahli desain pembelajaran, dua ahli media pembelajaran, tiga orang siswa untuk uji coba perorangan, Sembilan siswa untuk uji coba kelompok kecil dan 31 orang siswa untuk uji lapangan terbatas. Data-data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan dengan angket dan dianalisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) uji ahli materi berada pada kualifikasi sangat baik (82,69%), (2) uji ahli desain pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik (83,65%), (3) uji ahli media pembelajaran berada pada kualifikasi sangat baik (86,69), (4) uji coba perorangan berada pada kualifikasi sangat baik (87,50%), (5) uji coba kelompok kecil berada pada kualifikasi sangat baik (90,43), dan uji coba lapangan terbatas berada pada kualifikasi sangat baik (85,04%).Produk akhir dari pengembangan buku ajar ini dilanjutkan dengan keefektifan produk. Penelitian dilakukan pada siswa kelas V MIN Subulussalam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen. Sampel penelitian sebanyak 52 orang siswa yang terdiri dari 26 orang siswa sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan buku ajar dan 26 orang siswa lain sebagai kelas kontrol yang menggunakan buku teks sebagaimana yang berlangsung selama ini dalam proses pembelajaran.Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan buku ajar dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan buku teks. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengolahan data diperoleh thitung = 7,6216 > ttabel= 2,0105, dengan dk = (n1+n2-2) pada taraf signifikansi α =0,05. Disimpulkan bahwa hasil belajar kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan buku ajar sebesar 78,38% lebih tinggi dari kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan buku teks sebesar 66,98%.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSibuea, Abdul Miun195910081981031002
Thesis advisorMursid, R.196607111991031003
Call Number: 371.3 Sih P
Keywords: Pembelajaran Tematik Integratif;Peningkatan Kualitas;Pengembangan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4580

Actions (login required)

View Item View Item