PENGARUH FASILITAS BELAJAR, PENGELOLAAN KELAS, DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA SMK NEGERI 7 MEDAN

BR. PANGGABEAN, INGGRIT LARASATI (2021) PENGARUH FASILITAS BELAJAR, PENGELOLAAN KELAS, DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA SMK NEGERI 7 MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 7172142006 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7172142006 COVER.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7172142006 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7172142006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7172142006 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7172142006 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7172142006 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7172142006 PREFACE.pdf - Published Version

Download (333kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7172142006 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7172142006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (391kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7172142006 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7172142006 TABLES.pdf - Published Version

Download (420kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7172142006 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7172142006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7172142006 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7172142006 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (633kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 7172142006 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 7172142006 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7172142006 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7172142006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (372kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah belum optimalnya prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI dalam mata pelajaran akuntansi dan keuangan lembaga, dikarenakan kurang tersedianya fasilitas belajar, belum optimalnya pengelolaan kelas, dan kurang maksimalnya kompetensi profesional guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar, pengelolaan kelas, dan kompetensi profesional guru terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XI SMK Negeri 7 Medan.
Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 7 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI jurusan Akuntansi SMK Negeri 7 Medan yang berjumlah 206 siswa. teknik pengambilan sample yaitu dengan Simple Random Sampling, Jumlah sample yang digunakan yaitu sebanyak 136 siswa. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis PLS (Partial Least Square) melalui software SmartPLS. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji PLS Algoritma, Koefisien Jalur dan pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji-t.
Hasil analisis yang diperoleh dari rata-rata varians direfleksikan diatas 0,5 dan indikator outer loding lebih tinggi dari 0,60. Dari data perhitungan,untuk hipotesis fasilitas belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi, diperoleh P-Value sebesar 0,021 < 0,05 yang berarti hipotesis diterima, Maka dapat disimpulkan bahwa fasilitas belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi. Pada hipotesis pengelolaan kelas berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi, diperoleh P-Value sebesar 0,001 < 0,05 yang berarti hipotesis diterima, Maka dapat disimpulkan bahwa pengelolaan kelas berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi. Kemudian pada hipotesis kompetensi profesional guru berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi, diperoleh P-Value sebesar 0,01 < 0,05 yang berarti hipotesis diterima, Maka dapat disimpulkan bahwa kompetensi profesional guru berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Fasilitas Belajar, Pengelolaan Kelas, Kompetensi Profesional Guru, Prestasi Belajar, Partial Least Square (PLS)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 30 May 2022 02:00
Last Modified: 30 May 2022 02:00
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45795

Actions (login required)

View Item
View Item