ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING KELAS VII DI SMP NEGERI 1 AIR PUTIH

Afifah, Dwi (2021) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN BRAIN BASED LEARNING KELAS VII DI SMP NEGERI 1 AIR PUTIH. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4173111017 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4173111017 COVER.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4173111017 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4173111017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (320kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4173111017 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4173111017 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4173111017 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4173111017 PREFACE.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4173111017 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4173111017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4173111017 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4173111017 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4173111017 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4173111017 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4173111017 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4173111017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis siswa setelah dilakukan pembelajaran dengan mode brain based learning pada siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Air Putih. Subjek dalam penelitian ini dipilih menggunakan teknik purposive sampling sehingga terpilih kelas VII – 1 sebagai subjek dalam penelitian ini. Instrumen pada penelitian ini menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi, observasi dan tes. Subjek wawancara dipilih sebanyak 5 siswa, yaitu sebanyak 1 siswa yang berkemampuan sangat baik, sebanyak 1 siswa yang memiliki kemampuan baik, sebanyak 1 siswa yang memiliki kemampuan cukup, sebanyak 1 siswa yang memiliki kemampuan kurang, dan sebanyak 1 siswa yang memiliki kemampuan sangat kurang. Dari hasil data penelitian tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis siswa diperoleh sebanyak 8 (25%) siswa yang berkemampuan sangat baik, 13 (40,6%) siswa berkemampuan baik, sebanyak 8 (25%) siswa yang berkemampuan cukup, sebanyak 2 (6,25%) siswa yang berkemampuan kurang, dan sebanyak 1 (3,12%) siswa yang memiliki kemampuan pemecahan masalah berkemampuan sangat kurang. Rata – rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis kelas VII – 1 adalah 74,06% hal ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis yang dimiliki siswa kelas VII-1 adalah tergolong baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2022 MAT 031
Keywords: Brain based learning; Pemecahan masalah matematis; Pecahan; Pembelajaran matematika; Model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 31 Mar 2022 07:13
Last Modified: 31 Mar 2022 07:13
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45788

Actions (login required)

View Item
View Item