PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA SMP NEGERI 12 PEMATANGSIANTAR

Simanungkalit, Rick Hunter (2015) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF EFFICACY SISWA SMP NEGERI 12 PEMATANGSIANTAR. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 8136172070 Cover.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 8136172070 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 8136172070 Abstrak.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 8136172070 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 8136172070 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 8136172070 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (41kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 8136172070 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 8136172070 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 8136172070 Bab I.pdf - Published Version

Download (687kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 8136172070 Bab V.pdf - Published Version

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 8136172070 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui: (1) Bagaimana kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan model pembelajaran berdasarkan masalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan Self-Efficacy siswa, (2) Bagaimana peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dan (3) Bagaimana peningkatan Self-Efficacy siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah buku guru, buku siswa, RPP, LAS, instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket self efficacy. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 12 Pematangsiantar T.A. 2014/2015, dengan mengambil sampel dua kelas yang berjumlah 70 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Thiagarajan, Semmel dan Semmel, yaitu model 4D yang telah dimodifikasi. Proses pengembangan tersebut terdiri dari empat tahap, yaitu: define, design, develop dan disseminate. Hasil analisis data yang telah diperoleh menunjukkan bahwa kualitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan model pembelajaran berdasarkan masalah pada materi persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel di kelas VII SMP Negeri 12 Pematangsiantar adalah baik ditinjau dari valid, praktis dan efektif. Terjadi peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dan Self-Efficacy siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran yang dikembangkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorDewi, Izwita196207061989032001
Thesis advisorSiagian, Pargaulan195410191980111001
Call Number: 510.071 2 Sim p
Keywords: Perangkat Pembelajaran; Pembelajaran Berdasarkan Masalah; Kemampuan Pemecahan Masalah; Self Efficacy
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4576

Actions (login required)

View Item View Item