PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE DENGAN PENDEKATAN STUDENT CENTERED LEARNING (SCL) TERHADAP HASIL BELAJAR KEARSIPAN SISWA KELAS X AP DI SMK SWASTA BM JAMBI MEDAN T.P 2019/2020

HUTAURUK, ESTER SEPRINA (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE DENGAN PENDEKATAN STUDENT CENTERED LEARNING (SCL) TERHADAP HASIL BELAJAR KEARSIPAN SISWA KELAS X AP DI SMK SWASTA BM JAMBI MEDAN T.P 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 714141023 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 714141023 COVER.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 714141023 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 714141023 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (731kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 714141023 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 714141023 PREFACE.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 714141023 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 714141023 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 714141023 TABEL OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 714141023 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 714141023 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 714141023 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 714141023 TABELS.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 714141023 TABELS.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 714141023 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 714141023 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (35kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 714141023 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 714141023 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (366kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 714141023 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 714141023 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 714141023 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 714141023 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan Kolaborasi Model Pembelajaran WORD SQUARE Dengan Pendekatan STUDENT CENTERED LEARNING (SCL). Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen Masalah dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Kearsipan.
Penelitian ini dilaksanakan di SMKS Jambi Medan dengan populasi sebanyak 42 siswa dan sampel yang diambil adalah sebanyak 37 siswa masing-masing berjumlah 79 orang. Isntrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes objektif dalam bentuk pilihan berganda berjumlah 20 soal yang telah diuji validitasnya, reabilitas, tingkat kesukaran tes, dan uji daya beda. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan meggunakan rumus uji t” kelas eksperimen diberi perlakuan dengan Kolaborasi Model Pembelajaran WORD SQUARE Dengan Pendekatan STUDENT CENTERED LEARNING (SCL). dan kelas kontrol dengan Model Pembelajaran Konvensional.
Dari Hasil penelitian untuk eksperimen rata-rata pre-test sebesar 40.36 dan nilai rata-rat post-test adalah 85.48 sedangkan nilai rata-rata pre-test untuk kontrol adalah 39.73 dan untuk nilai post-test adalah 75,95.Persentase peningkatan hasil belajar pada eksperimen sebesar 52,78% dan pada persentase peningkatan hasil belajar pada kontrol sebesar 47,69%. Dari perhitungan hipotesis diperoleh thitung sebesar 5,78 dan ttabel sebesar 1,6672. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel (5,78 > 1,6672) maka hipotesis diterima.
Dari hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan Kolaborasi Model Pembelajaran WORD SQUARE Dengan Pendekatan STUDENT CENTERED LEARNING (SCL). Terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan Siswa Kelas X AP di SMKS Jambi Medan T.P 2019/2020”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Kolaborasi Model Pembelajaran Word Square Dengan Pendekatan Student Centered Learning (SCL).
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 30 May 2022 02:00
Last Modified: 30 May 2022 02:00
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45744

Actions (login required)

View Item
View Item