Studi Komparatif Hasil Belajar Menggambar Perspektif Menggunakan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya dan Konvensional Pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Sei Bingai Kabupaten Langkat Tahun Ajaran 2020/2021

Sitepu, Indra Mawan (2021) Studi Komparatif Hasil Belajar Menggambar Perspektif Menggunakan Metode Pembelajaran Tutor Sebaya dan Konvensional Pada Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Sei Bingai Kabupaten Langkat Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 2161151008 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 2161151008 COVER.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 2161151008 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 2161151008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (941kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 2161151008 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 2161151008 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (318kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 2161151008 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 2161151008 PREFACE.pdf - Published Version

Download (426kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 2161151008 TABLE OF CONTENTS.pdf]
Preview
Text
5. NIM 2161151008 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (244kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 2161151008 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 2161151008 TABLES.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 2161151008 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 2161151008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 2161151008 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 2161151008 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 2161151008 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 2161151008 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (399kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 2161151008 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 2161151008 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (464kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 2161151008 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 2161151008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (453kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan perbandingan hasil belajar peserta
didik dalam menggambar perspektif menggunakan metode pembelajaran tutor
sebaya dan konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh karya
peserta didik kelas X IPA (3 kelas) dan peserta didik kelas X IPS (3 kelas) yang
memperoleh nilai dibawah KKM (75) dengan jumlah 36 peserta didik.
Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh (sensus), diperoleh
sampel penelitian yaitu sebanyak 36 peserta didik atau 72 karya. Pada sampel
ini diberi dua tahap tindakan yaitu pengambilan sampel awal dengan proses
belajar-mengajar menggunakan metode pembelajaran konvensional. Kemudian
setelah itu dilakukan pengambilan sampel yang kedua dengan proses belajar
mengajar menggunakan metode pembelajaran tutor sebaya. Metode
pengumpulan data yang digunakan antara lain metode dokumentasi,
observasi dan tes. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan
desain penelitian eksperimen semu (Quasi-Eksperimen Design). Berdasarkan
hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai tes pertama sebesar 71,43 dan nilai tes
kedua 82,74. Hasil uji perbedaan rata-rata menunjukkan bahwa rata-rata nilai
kedua lebih baik dari pada nilai pertama. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan
signifikansi α = 0,5 dengan dk 70 didapat ttabel = 1,6669. Jadi hasil uji hipotesis
diperoleh thitung 5,52 > ttabel 1,6669. Jadi Ha diterima sekaligus ditolak Ho kemudian
kesimpulannya adalah terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil karya
menggambar perspektif dengan metode pembelajaran tutor sebaya peserta didik
SMA Negeri 1 Sei Bingai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Metode Pembelajaran; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
N Fine Arts > NC Drawing. Design. Illustration
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 01 Apr 2022 15:13
Last Modified: 01 Apr 2022 15:13
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45725

Actions (login required)

View Item
View Item