Penerapan Ornamen pada Desain Tote Bag Karya Siswa Kelas VII SMPN 28 Medan Ditinjau Berdasarkan Prinsip – Prinsip Desain

Simbolon, Ester Yuniar (2021) Penerapan Ornamen pada Desain Tote Bag Karya Siswa Kelas VII SMPN 28 Medan Ditinjau Berdasarkan Prinsip – Prinsip Desain. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 2163351002 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 2163351002 COVER.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 2163351002 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 2163351002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (763kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 2163351002 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 2163351002 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 2163351002 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
4. NIM 2163351002 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[thumbnail of 5.NIM 2163351002 TABLE OF CONTENTS.pdf]
Preview
Text
5.NIM 2163351002 TABLE OF CONTENTS.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 2163351002 LIST OF PICTURES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 2163351002 LIST OF PICTURES.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 2163351002 LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
7. NIM 2163351002 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 2163351002 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM 2163351002 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (457kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 2163351002 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 2163351002 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 2163351002 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM 2163351002 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan dan potensi pengembangan siswa kelas VII SMPN 28 Medan dalam menerapkan ornamen pada desain tote bag ditinjau berdasarkan prinsip – prinsip desain. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Populasi penelitian ini berjumlah 240 karya ornamen pada desain tote bag. Sampel yang digunakan terdiri dari 30 karya dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling yaitu sampel yang diambil berdasarkan kelompok (kelas) secara acak. Aspek prinsip-prinsip desain yang diteliti dalam penelitian ini yaitu kesatuan, keseimbangan, irama dan penekanan. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara keseluruhan karya penerapan ornamen pada desain tote bag karya siswa kelas VII SMPN 28 Medan memperoleh kategori baik. Kategori baik tersebut dapat dilihat dari hasil karya siswa menggunakan prinsip – prinsip desain dalam menerapkan ornamen pada desain tote bag dan penilaian oleh ketiga validator. Penggunaan prinsip-prinsip desain dalam potensi pengembangan karya secara keseluruhan dapat ditingkatkan lagi agar mendapatkan hasil yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: ornamen; desain tote bag; prinsip desain
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
N Fine Arts > NK Decorative arts > NK1160 Decoration and ornament. Design
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 21 Mar 2022 21:24
Last Modified: 21 Mar 2022 21:24
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45716

Actions (login required)

View Item
View Item