PENGARUH PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS GOOGLE CLASSROOM DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR OTOMATISASI TATA KELOLA HUMAS DAN KEPROTOKOLAN SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 KABANJAHE

NURHAYATI (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS GOOGLE CLASSROOM DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR OTOMATISASI TATA KELOLA HUMAS DAN KEPROTOKOLAN SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 KABANJAHE. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. 7173144026 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 7173144026 COVER.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of 2. 7173144026 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. 7173144026 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (302kB) | Preview
[thumbnail of 3. 7173144026 PREFACE.pdf]
Preview
Text
3. 7173144026 PREFACE.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of 4. 7173144026 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
4. 7173144026 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[thumbnail of 5. 7173144026 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. 7173144026 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (536kB) | Preview
[thumbnail of 6. 7173144026 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. 7173144026 TABLES.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[thumbnail of 7. 7173144026 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. 7173144026 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (263kB) | Preview
[thumbnail of 8. 7173144026 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. 7173144026 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[thumbnail of 9. 7173144026 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. 7173144026 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (494kB) | Preview
[thumbnail of 13. 7173144026 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. 7173144026 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 14. 7173144026 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. 7173144026 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (343kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan pembelajaran e-learning berbasis google classroom dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar otomatisasi tata kelola humas dan keprotokolan siswa SMK negeri 1 kabanjahe. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI OTKP SMK Negeri 1 Kabanjahe yang berjumlah 94 siswa. Sampel penelitian diambil dengan teknik total sampling yaitu 100% dari populasi yaitu sebanyak 94 siswa. Teknik analisis menggunakan uji regresi linear berganda, uji hipotesis secara parsial dan simultan serta uji koefisien determinasi.
Berdasarkan pengolahan data menggunakan program SPSS 26, pada analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan Y = 22,865 + 0,572X1 + 0,479X2. Dari uji parsial (t) X1 terhadap Y diperoleh hasil thitung > ttabel sebesar (5,381 > 1,986). Hal ini menunjukan bahwa Pembelajaran e-learning berbasis google classroom (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil Belajar Siswa (Y). Selanjutnya dari hasil uji secara parsial (t) X2 terhadap Y diperoleh hasil thitung > ttabel sebesar (3,999>1,986). Ini berarti bahwa Kemandirian Belajar (X2) berpengaruh signifikan terhadap Hasil Belajar Siswa (Y). Dari uji simultan (F) diperoleh hasil fHitung > ftabel (56,8421>1,986) dengan signifikan a= 0,05 (0,000 < 0,05 ). Dengan demikian dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Pembelajaran e-learning berbasis google classroom dan Kemandirian Belajar terhadap Hasil Belajar Otomatisasi Tata Kelola Humas dan Keprotokolan Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Kabanjahe. Selanjutnya dari koefisien determinasi diperoleh nilai Rsquare sebesar 0,546. Hal ini menunjukkan Pembelajaran E-Learning Berbasis Google Classroom dan Kemandirian Belajar berkontribusi sebesar 54,6% terhadap Hasil Belajar Otomatisasi Tata Kelola Humas dan Keprotokolan Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Kabanjahe. Sedangkan sisanya 45,4% dipengaruhi oleh variable lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran E-Learning Berbasis Google Classroom, Kemandirian Belajar dan Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC25 Self-education. Self-culture
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 04 Apr 2022 03:30
Last Modified: 04 Apr 2022 03:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45681

Actions (login required)

View Item
View Item