PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMK TAMANSISWA SUKADAMAI KABUPATEN ASAHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH

Sibuea, Mustika Fitri Larasati (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMK TAMANSISWA SUKADAMAI KABUPATEN ASAHAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 8136171036 Cover.pdf - Published Version

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 8136171036 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (825kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 8136171036 Abstrak.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 8136171036 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 8136171036 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 8136171036 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 8136171036 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 8136171036 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 8136171036 Bab I.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 8136171036 Bab V.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 8136171036 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (100kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) peningkatan kemampuan komunikasi dan disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran biasa, (2) interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan komunikasi dan disposisi matematis siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Tamansiswa Sukadamai Kabupaten Asahan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari seluruh siswa SMK Tamansiswa Sukadamai, sedangkan sampelnya terdiri dari 32 siswa pada kelas X Akuntansi sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa pada kelas X RPL sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan melalui teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan komunikasi matematis dan angket disposisi matematis siswa. Pengujian hipotesis statistik dalam penelitian ini menggunakan uji ANAVA dua jalur pada program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) peningkatan kemampuan komunikasi dan disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran berbasis masalah lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan komunikasi dan disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran biasa. Hasil rerata peningkatan kemampuan komunikasi matematis yang diberi pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran biasa masing-masing sebesar 0,52 dan 0,45, dan rerata peningkatan disposisi matematis siswa masing-masing sebesar 0,443 dan 0,417. (2) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan awal matematika siswa terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis dan disposisi matematis siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAsmin, 195708041985031002
Thesis advisorSyahputra, Edi195701211989031001
Call Number: 510.071 2 Sib p
Keywords: Kemampuan Komunikasi Matematis; Disposisi Matematis; Kemampuan Awal Matematika; Pembelajaran Berbasis Masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4567

Actions (login required)

View Item View Item