Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Praktek Siswa Pada Mata Pelajaran Boga Dasar SMK Negeri 3 Pematangsiantar

Ingtyas, Fatma Tresno (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Praktek Siswa Pada Mata Pelajaran Boga Dasar SMK Negeri 3 Pematangsiantar. Garnish (Jurnal Pendidikan Tata Boga), 4 (1). pp. 33-40. ISSN 2621-105X

[img] Text
Peer Review.pdf - Published Version

Download (691kB)
[img] Text
Article.pdf - Published Version

Download (295kB)
Official URL: https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/garnish...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil praktek boga dasar yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match, hasil praktek yang diajar dengan menggunakan model konvensional, dan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil praktek boga dasar pada siswa kelas X di SMK Negeri 3 Pematangsiantar Tahun Pembelajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Jasa Boga SMK Negeri 3 Pematangsiantar. Sampel dalam penelitian ini diambil secara random sampling yang terdiri dari 30 siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dan 30 siswa pada kelas kontrol yang menggunakan model konvensional. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah rubrik penilaian pengamatan dalam bentuk tabel pengamatan yang memiliki 9 aspek penilaian didalamnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis yang dijadikan acuan untuk membuat kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kecendrungan hasil praktek pada kelas ekperimen cenderung baik yaitu 80,00%. Dan tingkat kecendrungan pada kelas kontrol cenderung cukup yaitu 76,67%. Kedua data tersebut berdistribusi normal dan homogen. Hasil pengujian hipotesis penelitian yang diperoleh thitung > t tabel yaitu 8,95 > 2,00 maka Ha diterima dan Ho ditolak, dapat disimpulkan bahwa hasil praktek boga dasar yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil praktek boga dasar yang diajar dengan menggunakan model konvensional pada siswa kelas X di SMK Negeri 3 Pematangsiantar Tahun Pembelajaran 2018/2019.

Item Type: Article
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorMutiara, Erlinidn0023037003
Thesis advisorHilda, Nurwairynidn0014065806
Keywords: Make a Match; Model Konvensional; Hasil Praktek
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5381 Vocational guidance. Career devlopment
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1775 Professional aspects of teaching and school administrators. Vocational guidance
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education > LC1041 Vocational education (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 24 Feb 2022 07:58
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45607

Actions (login required)

View Item View Item