Ingtyas, Fatma Tresno (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Hasil Praktek Siswa Pada Mata Pelajaran Boga Dasar SMK Negeri 3 Pematangsiantar. Garnish (Jurnal Pendidikan Tata Boga), 4 (1). pp. 33-40. ISSN 2621-105X
Text
Peer Review.pdf - Published Version Download (0B) |
|
Text
Article.pdf - Published Version Download (0B) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version Download (0B) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version Download (0B) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version Download (0B) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version Download (0B) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg - Published Version Download (0B) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg - Published Version Download (0B) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg - Published Version Download (0B) |
|
Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg - Published Version Download (0B) |
|
Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt - Published Version Download (0B) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil praktek boga dasar yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match, hasil praktek yang diajar dengan menggunakan model konvensional, dan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil praktek boga dasar pada siswa kelas X di SMK Negeri 3 Pematangsiantar Tahun Pembelajaran 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Jasa Boga SMK Negeri 3 Pematangsiantar. Sampel dalam penelitian ini diambil secara random sampling yang terdiri dari 30 siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dan 30 siswa pada kelas kontrol yang menggunakan model konvensional. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah rubrik penilaian pengamatan dalam bentuk tabel pengamatan yang memiliki 9 aspek penilaian didalamnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis yang dijadikan acuan untuk membuat kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kecendrungan hasil praktek pada kelas ekperimen cenderung baik yaitu 80,00%. Dan tingkat kecendrungan pada kelas kontrol cenderung cukup yaitu 76,67%. Kedua data tersebut berdistribusi normal dan homogen. Hasil pengujian hipotesis penelitian yang diperoleh thitung > t tabel yaitu 8,95 > 2,00 maka Ha diterima dan Ho ditolak, dapat disimpulkan bahwa hasil praktek boga dasar yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil praktek boga dasar yang diajar dengan menggunakan model konvensional pada siswa kelas X di SMK Negeri 3 Pematangsiantar Tahun Pembelajaran 2018/2019.
Actions (login required)
View Item |