Daulay, Ulfah Rani (2022) Pengembangan Bahan Ajar Materi Karya Ilmiah Berbasis Multiliterasi Siswa Kelas XI MAS Nurul Hadina Patumbak. Masters thesis, UNIMED.
![]() |
Text
1. NIM. 8196192004 COVER.pdf - Published Version Download (148kB) |
![]() |
Text
2. NIM. 8196192004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version Download (573kB) |
![]() |
Text
3. NIM. 8196192004 ABSTRACT.pdf - Published Version Download (192kB) |
![]() |
Text
4. NIM. 8196192004 PREFACE.pdf - Published Version Download (315kB) |
![]() |
Text
5. NIM. 8196192004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version Download (298kB) |
![]() |
Text
6. NIM. 8196192004 TABLES.pdf - Published Version Download (189kB) |
![]() |
Text
7. NIM. 8196192004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version Download (138kB) |
![]() |
Text
8. NIM. 8196192004 APPENDICES.pdf - Published Version Download (138kB) |
![]() |
Text
9. NIM. 8196192004 CHAPTER I.pdf - Published Version Download (745kB) |
![]() |
Text
13. NIM. 8196192004 CHAPTER V.pdf - Published Version Download (395kB) |
![]() |
Text
14. NIM. 8196192004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version Download (248kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan produk berupa bahan ajar materi karya ilmiah berbasis multiliterasi.. Pengembangan produk penelitian ini berdasarkan model penelitian pengembangan Borg & Gall yang dikemukakan oleh Sugiyono.Pengembangan bahan ajar dilakukan dengan menerapkan berbagai jenis literasi meurut waskim pada setiap bagian modul meliputi literasi dasar, literasi perpustakaan, literasi media, literasi teknologi,dan literasi visual.Data dianalisis menggunakan instrumen yang sesuai, dan memperoleh hasil sebagai berikut,(1) penilaian oleh ahli materi mendapat persentase 93% (sangat baik) dan ahli desain mendapat persentase 96% (sangat baik),(2) tanggapan dua orang guru bahasa Indonesia terhadap modul pembelajaran karya ilmiah berbasis multiliterasi menunjukkan persentase sebesar 96% (sangat baik),(3) hasil uji coba dengan 32 siswa menunjukkan kriteria sangat baik,(4) Rata-rata hasil belajar siswa dalam menulis teks karya ilmiah setelah menggunakan modul sebesar 80,93 dengan persentase siswa yang memiliki nilai di atas KKM sebesar 90,62%. Dengan demikian, bahan ajar berupa modul materi karya ilmiah berbasis multiliterasi yang dikembangkan dinyatakan efektif digunakan pada pembelajaran karya ilmiah.
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Call Number: | 379.24 Dau p | |||||||||
Keywords: | pengembangan bahan ajar; karya ilmiah; multiliterasi | |||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy |
|||||||||
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia | |||||||||
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah | |||||||||
Date Deposited: | 24 Feb 2022 03:26 | |||||||||
URI: | http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45596 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |