Purba, Azrina (2015) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATERI PERBANDINGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIK SISWA. Masters thesis, UNIMED.
|
Text
1. 8126172007 Cover.pdf - Published Version Download (50kB) | Preview |
|
|
Text
2. 8126172007 LembarPengesahan.pdf - Published Version Download (846kB) | Preview |
|
|
Text
3. 8126172007 Abstrak.pdf - Published Version Download (70kB) | Preview |
|
|
Text
4. 8126172007 Kata Pengantar.pdf - Published Version Download (63kB) | Preview |
|
|
Text
5. 8126172007 Daftar Isi.pdf - Published Version Download (142kB) | Preview |
|
|
Text
6. 8126172007 Daftar Tabel.pdf - Published Version Download (142kB) | Preview |
|
|
Text
7. 8126172007 Daftar Gambar.pdf - Published Version Download (112kB) | Preview |
|
|
Text
8. 8126172007 Daftar Lampiran.pdf - Published Version Download (141kB) | Preview |
|
|
Text
9. 8126172007 Bab I.pdf - Published Version Download (861kB) | Preview |
|
|
Text
10. 8126172007 Bab V.pdf - Published Version Download (121kB) | Preview |
|
|
Text
11. 8126172007 Daftar Pustaka.pdf - Published Version Download (95kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan perangkat pembelajaran yang berkualitas. Untuk mencapai itu, maka model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan 4-D yang dikemukakan Thiagarajan, Semmel and Semmel (1974) yang terdiri dari tahap Define, tahap Design, tahap Develop dan tahap Disseminate. Sedangkan untuk kualitas perangkat pembelajaran menggunakan kriteria yang dikemukakan oleh Nieveen (2007) terdiri dari Relevance, Consistency, Practically dan Efectivenes. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 54 Kerasaan dan objek penelitian ini adalah perangkat pembelajaran matematik materi perbandingan dengan menggunakan pembelajaran kontekstual. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah RPP, Buku Petunjuk Guru, Buku Siswa, LAS. Instrumen yang digunakan terdiri dari Lembar validasi perangkat pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa, lembar observasi kemampuan guru mengelola pembelajaran, angket respon siswa dan tes kemampuan pemecahan masalah matematik siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 83,33%; (2) kadar aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung berada pada kriteria batas toleransi waktu ideal; (3) Tingkat kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran kontekstual sudah baik, karena rata-ratanya telah mencapai kriteria minimal; (4) Respon siswa terhadap komponen-komponen perangkat dan proses pembelajaran sudah positif pada ujicoba I dan ujicoba II; (5) Kemampuan pemecahan masalah matematik siswa mengalami peningkatan dengan nilai ratarata 1,457 pada pretes dan 3,103 pada postes. Rataan peningkatan (N-Gain) termasuk dalam kategori sedang dengan rata-rata 0,652. Peneliti menyarankan agar pembelajaran kontekstual menjadi alternatif bagi guru dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa
Item Type: | Thesis (Masters) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Call Number: | 510.071 2 Pur p | |||||||||
Keywords: | Perangkat Pembelajaran; Pembelajaran Kontekstual; Kemampuan Pemecahan Masalah | |||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
|||||||||
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika | |||||||||
Depositing User: | Mr Renaldi Syafaruddin Akbar | |||||||||
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 | |||||||||
URI: | http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4559 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |