menjadi mengetahui universita subject dikembangkan validity used serta objective peningkatan coba model persentase problem IPA study developing efektivita respon education observation test state wawancara step penyebaran dilakukan revision modify constructivism increase increasing kriteria percentage tesi pemecahan pada angket revisi got tahap predikat mitra finding konstruktivisme secara predicate masalah adalah memenuhi based thesi materi developed pendefinisian modul keyword pendidikan modifikasi student school kemampuan wa pengembangan untuk negeri dan batangtoru medan research ability fulfill klasikal efektif siswa meningkatkan effective kunci tim uji program pascasarjana programme time subjek trial classical effectivenes practice dengan disseminate data pencapaian merupakan development menggunakan hasil accomplishement showed know tahapan yang yaitu design dalam mathematic using peluang solving penelitian develop university prakti mathematical valid XI sekolah ABSTRACT dari limited waktu perancangan postgraduate namun bertujuan obtained kata designed oleh IKRAL ahli criteria studi completenes SMA digunakan probability thiagarajan however semmel kela exhaustivenes pengamatan berbasi module 2015 NASUTION antara define implementing kevalidan ABSTRAK ini questionnaire terbata team berdasarkan ketuntasan te matematika II ideal