PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN AUTOGRAPH DAN GEOGEBRA DI SMA FREE METHODIST MEDAN. TESIS. MEDAN

Hanif, Ismail (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH BERBANTUAN AUTOGRAPH DAN GEOGEBRA DI SMA FREE METHODIST MEDAN. TESIS. MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8136172043 COVER.pdf]
Preview
Text
1. 8136172043 COVER.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8136172043 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. 8136172043 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (575kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8136172043 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. 8136172043 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8136172043 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. 8136172043 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (317kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8136172043 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. 8136172043 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8136172043 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. 8136172043 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8136172043 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7. 8136172043 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8136172043 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
8. 8136172043 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 9. 8136172043 BAB I.pdf]
Preview
Text
9. 8136172043 BAB I.pdf - Published Version

Download (661kB) | Preview
[thumbnail of 13. 8136172043 BAB V.pdf]
Preview
Text
13. 8136172043 BAB V.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 14. 8136172043 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
14. 8136172043 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (433kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Apakah peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematik siswa melalui model pembelajaran berbasis masalah berbantuan Autograph lebih baik daripada peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematik siswa yang memperoleh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan Geogebra, (2) Apakah peningkatan kemampuan berpikir kritis matematik siswa SMA melalui model pembelajaran berbasis masalah berbantuan Autograph lebih baik daripada peningkatan kemampuan berpikir kritis matematik siswa yang memperoleh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan Geogebra, (3) Bagaimanakah nteraksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematik siswa terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep, (4) Bagaimanakah nteraksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal matematik siswa terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematik, (5) Bagaimanakah pola jawaban yang dibuat siswa dalam menyelesaikan masalah pada masing-masing pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMA Free Methodist Medan. Secara acak, dipilih dua kelas dari empat kelas. Kelas eksperimen I diberi perlakuan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan Autograph dan kelas eksperimen II diberi perlakuan pembelajaran berbasis masalah berbantuan Geogebra. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) tes kemampuan pemahaman konsep matematik, (2) tes kemampuan berpikir kritis matematik. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi, serta koefisien reliabilitas sebesar 0,64 dan 0,69 berturut-turut untuk kemampuan pemahaman konsep dan berpikir kritis matematik. Analisis data dilakukan dengan analisis varians (ANAVA) dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan (1) peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan berpikir kritis matematik siswa SMA melalui model pembelajaran berbasis masalah berbantuan Autograph lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan berpikir kritis matematik siswa yang memperoleh model pembelajaran berbasis masalah berbantuan Geogebra. (2) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap kemampuan peningkatan pemahaman dan berpikir kritis matematik. (3) Proses penyelesaian jawaban siswa mengunakan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan Autograph lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan Geogebra.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 2 Bat p
Keywords: Model Pembelajaran Berbasis Masalah berbantuan Autograph dan Geogebra, Pemahaman Konsep dan Berpikir Kritis Matematik.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 27 Sep 2016 02:43
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4556

Actions (login required)

View Item
View Item