ANALISIS JURNAL PENELITIAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW)TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA

-, Heliyati (2021) ANALISIS JURNAL PENELITIAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE (TTW)TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4161111029 COVER..pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4161111029 COVER..pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4161111029 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4161111029 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (455kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4161111029 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4161111029 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (268kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4161111029 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4161111029 PREFACE.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4161111029 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4161111029 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (294kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 4161111029 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 4161111029 TABLES.pdf - Published Version

Download (283kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 4161111029 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 4161111029 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 4161111029 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 4161111029 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4161111029 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4161111029 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (417kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4161111029 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4161111029 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4161111029 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4161111029 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (404kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mendeskripsikan hasil metasintesis, meta-analisis serta persamaan dan perbedaan kelima jurnal penelitian tentang pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian campuran antara kualitatif deskriptif dan kuantitaif dengan metode metasintesis dan meta-analisis. Subjek dalam penelitian ini adalah 5 artikel jurnal mengenai model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan tahapan identifikasi pertanyaan penelitian, mengembangkan protokol penelitian, menetapkan wilayah pencarian, screening hasil penelitian yang relevan, memilih hasil penelitian yang berkualitas, ekstraksi data dari hasil studi, sintesis data menggunakan metasintesis, meta-analisis menggunakan perhitungan effect size, dan penyajian hasil. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Metasintesis kelima jurnal berdasarkan indikator kemampuan komunikasi matematis menggunakan indikator yang sesuai dengan indikator yang ditetapkan peneliti. Metasintesis kelima jurnal berdasarkan analisis statistik diperoleh bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional/ pembelajaran langsung; (2) Berdasarkan meta-analisis dengan perhitungan effect size, J4 merupakan sumber data yang memiliki nilai ES terbesar yaitu 1,27 (kategori efek besar), hasil perhitungan rata-rata effect size secara keseluruhan yaitu sebesar 0,71 (kategori efek sedang); (3) persaman dari kelima jurnal yaitu berdasarkan jenis penelitian, instrumen penelitian, teknik analisis data, ruang lingkup isi jurnal dan perbedaan kelima jurnal yaitu berdasarkan desain penelitian, teknik pengambilan sampel, kesimpulan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write, Kemampuan Komunikasi Matematis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 21 Feb 2022 03:29
Last Modified: 21 Feb 2022 03:29
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45534

Actions (login required)

View Item
View Item