PENGARUH MEDIA APLIKASI APPY PIE BERBASIS ANDROID TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATERI LAJU REAKSI KELAS XI SMA

Damanik, Vizny Grace Irene (2021) PENGARUH MEDIA APLIKASI APPY PIE BERBASIS ANDROID TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATERI LAJU REAKSI KELAS XI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4173331048 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4173331048 COVER.pdf - Published Version

Download (360kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4173331048 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4173331048 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4173331048 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4173331048 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (358kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4173331048 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4173331048 PREFACE.pdf - Published Version

Download (702kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4173331048 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4173331048 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (628kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4173331048 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4173331048 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (355kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4173331048 TABLES.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4173331048 TABLES.pdf - Published Version

Download (354kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4173331048 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4173331048 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (355kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4173331048 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4173331048 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4173331048 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4173331048 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (357kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4173331048 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4173331048 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (705kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah hasil dan motivasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan media aplikasi Appy Pie berbasis android lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan tanpa media aplikasi Appy Pie berbasis android dan mengetahui kelayakan media aplikasi Appy Pie berbasis android yang dikembangkan berdasarkan standar BSNP. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA Bersama Berastagi sebanyak 2 kelas. Sampel penelitian adalah sampel total sebanyak 2 kelas, yaitu kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan media pembelajaran kimia berbasis android dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol yang dibelajarkan tanpa menggunakan media pembelajaran kimia berbasis android. Instrumen yang digunakan adalah test sebanyak 20 soal yang telah teruji valid dan instrument non tes angket kelayakan media berdasarkan standar BSNP serta angket motivasi belajar siswa sebanyak 30 item. Data kelayakan media dianalisis secara deskriptif, sedangkan data hasil dan motivasi belajar dianalisis secara statistik dengan uji t pihak kanan. Berdasarkan hasil analisis data, media pembelajaran kimia berbasis android yang dikembangkan telah memenuhi standar kelayakan BSNP dengan rata-rata kelayakan sebesar 3,195 dengan kriteria valid dan tidak perlu di revisi. Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai t hitung > t tabel (1,7 > 1,67) untuk data hasil belajar dan (8,56 > 1,67) untuk data motivasi belajar, berarti Ho ditolak dan Ha diterima , yang berarti hasil dan motivasi belajar siswa yang dibelajarkan dengan media aplikasi Appy Pie berbasis android lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan tanpa media aplikasi Appy Pie berbasis android

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android, Aplikasi Appy Pie, Hasil Belajar, Motivasi Belajar, Laju Reaksi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 18 Feb 2022 08:18
Last Modified: 18 Feb 2022 08:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45528

Actions (login required)

View Item
View Item