tujuan operasional TABEL angket tahap 170 kemampuan disposisi konsep populasi 181 van hiele valid waktu ruang 165 mengelola ABSTRAK relevan 129 pengumpulan dan data saran PENGANTAR guru penelitian develop 183 definisi 179 define latar iii draf penyebaran teknik masalah manfaat METODE lapangan 102 uji IV design realistik berbasi KATA analisi konseptual 171 revisi 176 lokasi PUSTAKA pemahaman DAFTAR DAN 166 HASIL belakang 153 101 kerangka deskripsi PEMBAHASAN perangkat pengembangan siswa PENELITIAN sampel vii pembelajaran BAB coba identifikasi model matemati respon prisma SARAN dengan menggunakan pembembelajaran validasi pendekatan ISI peningkatan III 107 keefektifan instrumen KESIMPULAN 151 138 materi 167 teori rumusan pembahasan hasil prakti TEORITIS kesimpulan diseminate validita pendukung 173 matematika II jeni bangun pendefinisian GAMBAR efektif keterbatasan batasan yang belajar KERANGKA perancangan PENDAHULUAN