tujuan implementation matter education item tidak tahap adalah keyword student disposisi kemampuan wa untuk met learning research application pascasarjana layak konsep dalam mathematic approach valid plan ABSTRACT waktu sheet ruang studi four semmel kela 2015 graduate ABSTRAK postive understanding dianggap rancangan soal pendidikan group negeri dan effective mengacu effectivenes instrument guru penelitian criteria telah material setiap sebesar menurut developmental phase iii only ketercapaian good tanjung state finding secara disposition lembar memenuhi positif ability improve uji tercapai design concept ujicoba melalui university beserta realistik berbasi ideal yakni test produce scale question related menghasilkan ha penerapan thesi based device komponen field such MT time classical pertama geometry buku pemahaman achievement SMP aim inferred pura febriyanni sudah practical activity goal type seluruh tesi resulting perangkat kegiatan pengembangan terkait amounted medan klasikal siswa meningkatkan program butir all implementasi development complete disimpulkan yaitu grade pembelajaran according ini lesson pelaksanaan baik subject coba model study matemati respon mtsn dilakukan prisma prism achieved dua kunci rencana dengan menggunakan second temuan conducted reference activitie mathematical two each realistic pendekatan one considered ketuntasan te posttest universita eighth teacher component keefektifan rani terhadap instrumen kriteria feasible tool kedua tersebut book trial hasil using namely berupa kata response dihasilkan matematika II reached bahasan skala performance jeni pada pokok bangun efektif yang stage belajar thiagarajan not VIII berdasarkan first