PENGARUH PEMANFAATAN E-LEARNING, LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BISNIS STAMBUK 2017 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

SIREGAR, ERTINA M. (2021) PENGARUH PEMANFAATAN E-LEARNING, LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA, DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BISNIS STAMBUK 2017 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 7172143009 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 7172143009 COVER.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 7172143009 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 7172143009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (656kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 7172143009 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 7172143009 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (349kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 7172143009 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 7172143009 PREFACE.pdf - Published Version

Download (547kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 7172143009 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 7172143009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (385kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 7172143009 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 7172143009 TABLES.pdf - Published Version

Download (259kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 7172143009 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 7172143009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (200kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 7172143009 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 7172143009 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 7172143009 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 7172143009 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 7172143009 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 7172143009 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (258kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 7172143009 BIBLYOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 7172143009 BIBLYOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (471kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Bisnis dimana masih masih ditemukan mahasiswa yang memiliki IPK dibawah 3,00 atau dengan kategori Tidak Baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh langsung pemanfaatan e-learning, lingkungan teman sebaya, dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar dan pengaruh tidak langsung pemanfaatan e-learning dan lingkungan teman sebaya terhadap prestasi belajar melalui motivasi belajar.
Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan dengan populasi sebanyak 88 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode Total Sampling. Jenis penelitian ini adalah penelitian Expost Facto dengan teknik pengumpulan data dokumentasi dan angket/kusioner. Uji instrument penelitian menggunakan uji validitas dan reliabilitas, sedangkan untuk menganalisis data menggunakan uji normalitas, multikoloniaritas, uji heteroskedastisitas, dan analisis jalur (path analysis).
Dari hasil penelitian, diperoleh Pemanfaatan ¬E-Learning (X1) berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap prestasi belajar (Y) dengan nilai thitung sebesar 3,065 lebih besar dari ttabel 1,987 dengan signifikansi 0,032 < 0,05. Lingkungan Teman Sebaya (X2) berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap prestasi belajar (Y) dengan nilai thitung sebesar 2,450 lebih besar dari ttabel 1,987 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Motivasi Belajar (X3) berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap prestasi belajar (Y) dengan nilai thitung sebesar 2,805 lebih besar dari ttabel 1,987 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Berdasarkan uji koefisien determinasi diperoleh nilai R2 sebesar 0,512, artinya persentasi sumbangan variabel bebas terhadap variabel terikat sebesar 51,2% dan sisanya sebesar 48,8% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pemanfaatan E-Learning, Lingkungan Teman Sebaya, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Bisnis
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 22 Feb 2022 11:30
Last Modified: 19 Sep 2022 04:56
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45487

Actions (login required)

View Item
View Item