Penerapan Metode Pembelajaran Studi Kasus (Case Study Method) Untuk Meningkatkan Apresiasi Siswa Dalam Tari Kreasi Simalungun Di Kelas XI Sma Parulian 1 Medan

Nuraini, Siti (2020) Penerapan Metode Pembelajaran Studi Kasus (Case Study Method) Untuk Meningkatkan Apresiasi Siswa Dalam Tari Kreasi Simalungun Di Kelas XI Sma Parulian 1 Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 2151141031 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 2151141031 COVER.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 2151141031 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 2151141031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (700kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 2151141031 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 2151141031 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 2151141031 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 2151141031 PREFACE.pdf - Published Version

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 2151141031 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 2151141031 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 2151141031 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 2151141031 TABLES.pdf - Published Version

Download (119kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 2151141031 LIST OF PHOTOS.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 2151141031 LIST OF PHOTOS.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 2151141031 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 2151141031 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 2151141031 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 2151141031 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (504kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 2151141031 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 2151141031 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 2151141031 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 2151141031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hasil penerapan metode pembelajaran studi kasus (Case Study Method) dalam meningkatkan apresiasi siswa terhadap tari kreasi Simalungun berdasarkan KD 3.3 yaitu menganalisis hasil pergelaran tari berdasarkan konsep, teknik, dan prosedur di kelas XI SMA Parulian 1 Medan. Teori yang digunakan adalah studi kasus (case study method) oleh Zainal Aqib dan Ali Murtadlo dan pengertian apresiasi oleh Gove dalam Aminudin. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI yang berjumlah 84 siswa, sedangkan yang menjadi sampel adalah siswa kelas XI IPA 2 dengan jumlah siswa 28 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Dari hasil uji t pada taraf α = 0,05 atau (0.000< 0,05) dan Thitung ≥ Ttabel (16,704 > 2,05183). Uji t dilakukan setelah diperoleh nilai pretest dan posttest, dimana hasil nilai rata-rata yang diperoleh dari pretest adalah 45,00 sedangkan hasil nilai rata-rata yang diperoleh dari posttest adalah 85,18. Dari hasil rata-rata tersebut dapat diketahui bahwa peningkatan persentase dari nilai pretest ke posttest untuk apresiasi siswa adalah meningkat sebesar 40,18%. Hal ini membuktikan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran studi kasus (case study method) pada materi tari kreasi Simalungun dapat meningkatkan apresiasi siswa kelas XI SMA Parulian 1 Medan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Studi Kasus (Case Study Method); Tari Kreasi Simalungun; Apresiasi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN537 Ethnic groups and races
G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1580 Dancing
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 16 Feb 2022 09:15
Last Modified: 16 Feb 2022 09:15
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45364

Actions (login required)

View Item
View Item