instructional owned item eligible table pengajaran adalah student wa untuk learning pascasarjana prior populasi introvert daripada strstegy memiliki dalam 1418 higher ABSTRACT gaya objektif studi kela akademi graduate ABSTRAK mengetahui way rancangan 2014 embedded pengumpulan r11 indenpendent psycomotor pendidikan dan than ditunjukkan technology follow data strategie hipotesi instrument tipe penelitian SMK quasi variable terdapat differ psikomotor oleh physic telah semester metode method 8116121028 sebesar validity experiment tinggi dependent dibelajarkan state teknik MANURUNG inten finding normalita 2013 terikat ftabel uji know mempengaruhi design involved factorial melalui significance university tambunan varian digunakan fisika strategi analisi varaible dikembangkan figure ANAVA tehnique 2X2 eduacation interaksi population test included carried statistical collect thesi startegi jalur personality hypotesi pembelajran lebih achievement effect hypothesi scheffe type there sedangkan teknolagi contextual tesi 1338 result ekstrovert medan interaction siswa indicated berjumlh program 1476 taraf tahun lanjut yaitu grade diperoleh 1253 sampel ANOVA significant pembelajaran post faktorial antara ini expository teknk normality hal study ekspositori dilakukan beba variabel kontekstual cognitive treatment adaftive kepribadian dengan menggunakan pakam temuan signifikan count fhitung negri pengujian one find eksperimen year te universita objective berbentuk sample then instrumen terhadap formula kemudian assesment given analysi between realbility hasil cooperative style using namely strstegie obtained UNIMED LENGSIPENG 2x2 level kooperatif SMKN experimental used pengaruh vocational diadaptasi personalitytype grouped lubuk reg pada found developed fifika school kognitif try strategy present lilliefor signifikansi orang academy out yang belajar NIM dari ganjil bertujuan ditunjukan menggumpulkan high first