Pengembangan Bahan Ajar Teks Negosiasi Berbasis Al-Qur’an dan Hadis Siswa Kelas X MAN 2 Model Medan

Siregar, Saripah Hannum (2021) Pengembangan Bahan Ajar Teks Negosiasi Berbasis Al-Qur’an dan Hadis Siswa Kelas X MAN 2 Model Medan. Masters thesis, UNIMED.

[img] Text
1. NIM 8196192024 COVER.pdf - Published Version

Download (127kB)
[img] Text
2. NIM 8196192024 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (280kB)
[img] Text
3. NIM 8196192024 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (319kB)
[img] Text
4. NIM 8196192024 ACKNOWLEDGEMRNT.pdf - Published Version

Download (306kB)
[img] Text
5. NIM 8196192024 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (307kB)
[img] Text
6. NIM 8196192024 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (254kB)
[img] Text
7. NIM 8196192024 LISTOF FIGURES.pdf - Published Version

Download (254kB)
[img] Text
8. NIM 8196192024 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (201kB)
[img] Text
9. NIM 8196192024 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (856kB)
[img] Text
13. NIM 8196192024 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (413kB)
[img] Text
14. NIM 8196192024 REFERENCES.pdf - Published Version

Download (558kB)

Abstract

Masalah penelitian ini adalah kesulitan siswa kelas X MAN 2 Model Medan ketika mengonstruksi teks negosiasi yang sesuai dengan ajaran Islam karena ketiadaan bahan ajar yang mendukung karakteristik siswa yang islami. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan (1) proses pengembangan modul teks negosiasi jual beli berbasis Al-Qur’an dan Hadis, (2) kelayakan modul teks negosiasi jual beli berbasis Al-Qur’an dan Hadis, dan (3) keefektifan modul teks negosiasi jual beli berbasis Al-Qur’an dan Hadis. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan berdasarkan model pengembangan Borg ‘n Gall yang diadaptasi oleh Sugiyono, terdiri atas 10 langkah, yaitu penemuan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi, revisi produk, ujicoba produk, revisi, ujicoba lapangan terbatas, revisi, dan produk akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) proses pengembangan menghasilkan produk berupa modul teks negosiasi yang diintegrasikan dengan ayat Al-Qur’an dan Hadis, (2) modul teks negosiasi berbasis Al-Qur’an dan Hadis yang dikembangkan sudah layak digunakan berdasarkan hasil validasi ahli materi sebesar 93,61%, validasi ahli desain sebesar 76,34%, dan validasi ahli agama sebesar 94,53%, (3) modul teks negosiasi berbasis Al-Qur’an dan Hadis siswa kelas X MAN 2 Model Medan dinyatakan efektif digunakan berdasarkan hasil pretes dan postes. Keefektifan modul dianalisis melalui uji gain dengan perolehan nilai rata-rata indeks gain sebesar 0,43 dengan kriteria keefektifan sedang. Dengan demikian, modul teks negosiasi berbasis Al-Qur’an dan Hadis siswa kelas X MAN 2 Model Medan yang telah dikembangkan dinyatakan layak dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorHarahap, Rosmawatynidn0020046104
Thesis advisorSurip, M.nidn0010088003
Call Number: 417.207 2 Sir p
Keywords: bahan ajar; teks negosiasi; Al-Qur’an dan Hadis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 03 Feb 2022 04:57
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45287

Actions (login required)

View Item View Item