MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TALKING STICK TEMA 7 SUBTEMA 3 DI KELAS V-C SDN 107399 BANDAR KHALIPAH T.A 2019/2020

TAMBUNAN, RIDO ARDIANSYAH (2020) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE TALKING STICK TEMA 7 SUBTEMA 3 DI KELAS V-C SDN 107399 BANDAR KHALIPAH T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 1161111084 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1161111084 COVER.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1161111084 LEMBAR PERSETUJUAN&RIWAYAT HIDUP.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1161111084 LEMBAR PERSETUJUAN&RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (943kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1161111084 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1161111084 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1161111084 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1161111084 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (460kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1161111084 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1161111084 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1161111084 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1161111084 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1161111064 DAFTAR DIAGRAM.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1161111064 DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1161111084 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1161111084 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 1161111084 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 1161111084 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 10. NIM. 1161111084 BAB I.pdf]
Preview
Text
10. NIM. 1161111084 BAB I.pdf - Published Version

Download (518kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 1161111084 BAB V.pdf]
Preview
Text
14. NIM 1161111084 BAB V.pdf - Published Version

Download (265kB) | Preview
[thumbnail of 15. NIM. 1161111084 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
15. NIM. 1161111084 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (445kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada Tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan Subtema 3 Peristiwa Mengisi Kemerdekaan Pembelajaran I kelas V-C. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terjadi peningkatan hasil belajar siswa jika digunakan model Cooperative Learning tipe Talking Stick pada Tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan Subtema 3 Peristiwa Mengisi Kemerdekaan Pembelajaran I kelas V-C.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V-C SD Negeri 107399 Bandar Khalipah yang berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Objek dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa dan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Talking Stick. Prosedur penelitian terdiri dari dari 2 siklus yakni siklus I dan siklus II. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes dan observasi.
Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian adalah sebagai berikut: nilai rata-rata dari 32 siswa hasil belajar pada pretes adalah 42,3 yaitu sebanyak 8 siswa yang meningkat belajar dengan persentase ketuntasan 25% dan yang tidak meningkat sebanyak 24 siswa dengan persentase 75%. Dari data postes yang telah dilakukan pada siklus I diperoleh nilai rata-rata siswa adalah 56,4 yaitu sebanyak 17 siswa yang meningkat belajar dengan persentase ketuntasan 53% dan yang tidak meningkat sebanyak 15 siswa dengan persentase 47%. Dari data postes yang telah dillakukan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata siswa adalah 71,5 yaitu sebanyak 29 siswa yang meningkat belajar dengan persentase 91% dan yang tidak meningkat sebanya 3 siswa dengan persentase 9%. Maka dari itu, hasil pretes sampai dengan siklus II terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 71,87%.
Dari hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada Tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan Subtema 3 Peristiwa Mengisi Kemerdekaan Pembelajaran I kelas V-C SD Negeri 107399 Bandar Khalipah T.A 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar siswa, Model Cooperative Learning Tipe Talking Stick
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 02 Feb 2022 05:49
Last Modified: 02 Feb 2022 05:49
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45237

Actions (login required)

View Item
View Item