PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOGERBE (KOTAK GERAK BENDA) PADA MATERI GERAK BENDA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 105335 KEBUN SAYUR KECAMATAN TANJUNG MORAWA T.A 2019/2020

SIADARI, CECILIA (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOGERBE (KOTAK GERAK BENDA) PADA MATERI GERAK BENDA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 105335 KEBUN SAYUR KECAMATAN TANJUNG MORAWA T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[img] Text
1. NIM. 1163111010_COVER.pdf - Published Version

Download (118kB)
[img] Text
2. NIM. 1163111010_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (276kB)
[img] Text
3. NIM. 1163111010_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (179kB)
[img] Text
4. NIM. 1163111010_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (264kB)
[img] Text
5. NIM. 1163111010_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (193kB)
[img] Text
6. NIM. 1163111010_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (113kB)
[img] Text
7. NIM. 1163111010_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (114kB)
[img] Text
8. NIM. 1163111010_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version

Download (113kB)
[img] Text
9. NIM. 1163111010_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (114kB)
[img] Text
10. NIM. 1163111010_BAB I.pdf - Published Version

Download (426kB)
[img] Text
14. NIM. 1163111010_BAB V.pdf - Published Version

Download (231kB)
[img] Text
15. NIM. 1163111010_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (139kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Kogerbe (Kotak Gerak Benda) serta mengetahui kelayakan media pembelajaran Kogerbe (Kotak Gerak Benda) pada materi Gerak Benda Mata Pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 105335 Kebun Sayur. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model ADDIE dengan menggunakan 5 langkah yaitu (analysis), desain (design), pengembangan (development), implementasi (implementation) dan evaluasi (evaluation). Validasi dilakukan oleh dua ahli yaitu ahli media pembelajaran dan ahli materi dan uji lapangan (respon peserta didik). Hasil penelitian menunjukkan rata-rata perolehan nilai dari ahli media 4,3 dengan persentase kelayakan sebesesar 85% termasuk dalam kategori “Sangat Baik” dan “Sangat Layak”. Selanjutnya rata-rata perolehan nilai dari ahli materi 4,4 dengan persentase kelayakan sebesar 88 % termasuk dalam kategori Sangat Baik” dan “Sangat Layak” Pada saat uji coba produk rata-rata perolehan nilai dari siswa 4,8 dengan persentase kelayakaan sebesar 96% termasuk dalam kategori “Sangat Baik” dan “Sangat Layak” Berdasarkan hasil keseluruhan maka dapat disimpulkan media pembelajaran Kogerbe (Kotak Gerak Benda) dapat dikembangkan dan layak digunakan sebagai media pembelajaran IPA pada materi gerak benda kelas IV SD.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorAnanda, Lala Jelitanidn0025118401
Keywords: Media Pembelajaran, Kogerbe, IPA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 28 Jan 2022 04:41
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45130

Actions (login required)

View Item View Item