Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Akhlak Siswa Kelas V SD Negeri 040521 Sinaman Kec. Barus Jahe Kab. Karo T.A. 2020/2021

Damanik, Zeresy Valentina Br (2021) Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Akhlak Siswa Kelas V SD Negeri 040521 Sinaman Kec. Barus Jahe Kab. Karo T.A. 2020/2021. ['eprint_fieldopt_thesis_type_undergraduate' not defined] thesis, UNIMED.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kecerdasan emosional terhadap akhlak siswa kelas V SD Negeri 040521 Sinaman Kec. Barus Jahe Kab. Karo T.A. 2020/2021. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deduktif-induktif. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 040521 Sinaman, Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 040521 Sinaman yang berjumblah 25 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 25 orang siswa diantaranya 10 orang siswa laki-laki dan 15 orang siswi perempuan, dengan mengunakan teknik sampel total. Instumen yang di gunakan untuk variabel X (Kecerdasan Emosional) dan variabel Y (Akhlak Siswa) adalah angket tertutup berbentuk peryataan dengan ukuran skala liket. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara observasi lapangan, wawancara, angket (kuesioner) dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan uji normalitas, uji hipotesis (uji F dan uji T) dan uji linier sederhana dengan bantuan SPSS 25. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diketahui bahawa nilai sebuah data yang berdistribusi normal apabila nilai Asymp.Sig. > 0,05 dan sebaliknya. Dari hasil uji yang dilakukan maka hasil nilai Asymp. Sig. (2-tailed) 0,200 lebih besar dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel X (Kecerdasan Emosional) dan variabel Y (Akhlak Siswa) berdistribusi secara normal. Kemudian untuk uji hipotesis yaitu uji F dan uji T, dijelaskan bahwa uji F menghasilkan adanya pengaruh antara variabel X (Kecerdasan Emosional) terhadap variabel Y (akhlak siswa), dapat dilihat dari hasil nilai Fhitung (Sig) sebesar 0,001 yang artinya nilai tersebut lebih kecil dari 0,05. Sedangkan untuk hasil uji T diketahui bahwa α = 5% = (0,05/2 : 25-2-1 = 2.074 variabel X terhadap variabel Y nilai sig. 0,001 < 0,05 kemudian Thitung > Ttabel 3.982 > 2.074, oleh karena itu secara parsial menunjukkan bahwa nilai sig. kecerdasan emosional berpengaruh terhadap akhlak siswa 0.001 < 0.05 dan nilai Thitung > Ttabel 3.982 > 2.074, yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan uji regresi linier sederhana Ŷ = a + bX = 50.055 + 0.409, a merupakan nilai konstanta sedangkan b merupakan nilai koefisen regresi, maka dalam model summary dapat dijelaskan bahwa R Square sebesar 0,409 yang artinya pengaruh kecerdasan emosional terhadap akhlak siswa hanya sebesar 40.9% sedangkan sisanya 59,1% dipengaruhi oleh variabel lain. Oleh karena itu Ha diterima dan Ho ditolak, dalam hal ini berarti hipotesis yang tersembunyi ialah “Terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional terhadap akhlak siswa kelas V SD Negeri 040521 Sinaman Kec. Barus Jahe Kab. Karo T.A. 2020/2021” diterima.

Item Type: Thesis (['eprint_fieldopt_thesis_type_undergraduate' not defined])
Additional Information: 2021-PGSD-181
Uncontrolled Keywords: Akhlak Siswa; Kecerdasan Emosional; Moral
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 27 Jan 2022 07:51
Last Modified: 27 Jan 2022 07:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45129

Actions (login required)

View Item
View Item