ANALISIS DAMPAK PEMBELAJARAN ONLINE BAGI GURU DI SD GUGUS 40 KECAMATAN ONAN RUNGGU KABUPATEN SAMOSIR DI TENGAH PANDEMI COVID-19 T.A 2020/2021

HARIANJA, IRMA JELITA (2020) ANALISIS DAMPAK PEMBELAJARAN ONLINE BAGI GURU DI SD GUGUS 40 KECAMATAN ONAN RUNGGU KABUPATEN SAMOSIR DI TENGAH PANDEMI COVID-19 T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[img] Text
1. NIM. 1163311042_COVER.pdf - Published Version

Download (45kB)
[img] Text
2. NIM. 1163311042_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (291kB)
[img] Text
3. NIM. 1163311042_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (35kB)
[img] Text
4. NIM. 1163311042_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (237kB)
[img] Text
5. NIM. 1163311042_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (139kB)
[img] Text
6. NIM. 1163311042_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (109kB)
[img] Text
7. NIM. 1163311042_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (109kB)
[img] Text
8. NIM. 1163311042_DAFTAR DIAGRAM.pdf - Published Version

Download (109kB)
[img] Text
9. NIM. 1163311042_DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version

Download (109kB)
[img] Text
10. NIM. 1163311042_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (109kB)
[img] Text
11. NIM. 1163311042_BAB I.pdf - Published Version

Download (369kB)
[img] Text
15. NIM. 1163311042_BAB V.pdf - Published Version

Download (203kB)
[img] Text
16. NIM. 1163311042_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (141kB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah dampak pembelarajan online bagi guru dalam dalam melaksanakan pembelajaran online selama masa pandemi covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dampak pembelajaran online serta faktor-faktor apa saja yang yang dihadapi guru dalam proses pembelajaran online di SD Gugus 40 Kecamatan Onan Runggu Kabupaten Samosir Di Tengah Pandemi Covid-19 T.A 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penlitian ini adalah seluruh guru SD Gugus 40 Kecamatan Onan Runggu Kabupaten Samosir yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan yang digunakan adalah angket/kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis data kuantitatif-deskriptif yang kemudian diinterpretasikan kedalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dampak kesulitan guru dalam pembelajaran online masuk pada kategori sulit dengan persentase diperoleh hasil sebesar 73% dengan jumlah 22 responden. Kategori cukup sulit dengan persentasi 17% dengan jumlah 5 guru. Kategori tidak sulit dengan persentase 10% dengan jumlah 3 guru. Dan kategori sangat sulit persentase 0% dengan jumlah 0 guru. Untuk faktor guru berdasarkan hasil penelitian di SD Gugus 40 Kecamatan Onan Runggu Kabupaten Samosir diketahui bahwa dampak pembelajaran online bagi guru dari faktor guru masuk dalam kategori sulit dengan jumlah responden 21 guru dengan persentase 70%. Kemudian dengan kategori cukup sulit dengan jumlah responden 4 guru dengan persentase 13,13%. Kategori tidak sulit dengan jumlah responden 4 guru dengan persentase 13,13%. Dan kategori sangat sulit 1 guru dengan persentase 3,3%. Guru mengalami kesulitan dalam mengikuti pembelajaran online dan kurangnya kemampuan guru dalam menggunakan aplikasi pembelajaran online. Untuk faktor siswa berdasarkan hasil penelitian di SD Gugus 40 Kecamatan Onan Runggu Kabupaten Samosir diketahui bahwa dampak pembelajaran online bagi guru dari faktor guru masuk dalam kategori sulit dengan jumlah responden 22 guru dengan persentase 73%. Kemudian dengan kategori cukup sulit dengan jumlah responden 4 guru dengan persentase 13%. Kategori sangat sulit dengan jumlah responden 3 guru dengan persentase 10%. Dan kategori tidak sulit 1 guru dengan persentase 3%. Siswa mengalami kesulitan dalam menggunakan berbagai aplikasi pembelajaran online. Hal ini menunjukkan bahwa guru di SD Gugus 40 Kecamatan Onan Runggu Kabupaten Samosir yang berjumlah 30 guru mengalami kesulitan dalam pembelajaran online di tengah pandemi covid-19.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorTarigan, Daitinnidn0002015909
Keywords: Pembelajaran Online, Guru, Pandemi Covid-19
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 28 Jan 2022 01:04
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45125

Actions (login required)

View Item View Item