PENGARUH METODE PEMBELAJARAN AKTIF INFORMATION SEARCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 6 CITA-CITAKU DI KELAS IV SDN 106811 BANDAR SETIA T.A 2019/2020

WAHYUNI, DESI (2020) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN AKTIF INFORMATION SEARCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA TEMA 6 CITA-CITAKU DI KELAS IV SDN 106811 BANDAR SETIA T.A 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[img] Text
1. NIM. 1161111019_COVER.pdf - Published Version

Download (45kB)
[img] Text
2. NIM. 1161111019_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (201kB)
[img] Text
3. NIM. 1161111019_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (176kB)
[img] Text
4. NIM. 1161111019_KATA PEGANTAR.pdf - Published Version

Download (218kB)
[img] Text
5. NIM. 1161111019_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (164kB)
[img] Text
6. NIM. 1161111019_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (32kB)
[img] Text
7. NIM. 1161111019_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (31kB)
[img] Text
8. NIM. 1161111019_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (109kB)
[img] Text
9. NIM. 1161111019_BAB I.pdf - Published Version

Download (403kB)
[img] Text
13. NIM. 1161111019_BAB V.pdf - Published Version

Download (138kB)
[img] Text
14. NIM. 1161111019_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (164kB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui ada pengaruh metode pembelajaran aktif Information Search terhadap hasil belajar siswa pada tema 6 cita-citaku di kelas IV di SDN 106811 Bandar Setia Kabupaten Deli Serdang T.A 2019/2020. Penelitian dilaksanakan pada kelas IV SD Negeri 106811 Bandar Setia T.A 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IV sebanyak 74 siswa. Metode yang digunakan adalah metode quasi eksperimen dengan desain Nonequevalent Control Group Design , yaitu kelas IV A sebagai kelas eksperimen sebanyak 27 siswa dan kelas B sebagai kelas kontrol sebanyak 27 siswa. Instrumen dalam penelitian ini yaitu; (1) Tes bentuk Multiple Choice sebanyak 20 soal yang terlebih dahulu telah diuji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran tes, dan uji daya beda tes. Teknik pengumpulan data adalah tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus uji t dengan menggunakan uji paired sample t test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh metode pembelajaran aktif Information Search terhadap hasil belajar siswa pada tema 6 cita-citaku di kelas IV di SDN 106811 Bandar Setia, percut sei tuan. Berdasarkan analisis uji perbandingan rata-rata nilai pretest diperoleh 63,33 sementara perolehan nilai rata-rata posttest yaitu 70,37. Kemudian berdasarkan perhitungan uji t dengan taraf signifikan 5% dengan nila i signifikansi yaitu 0,003 yang nilainya lebih kecil dari 0,05 (p < 0,05). t hitung mempunyai nilai negatif (-), t tabel juga turut menyesuaikan menjadi negatif (-) atau pengujian hipotesis dilakukan pada sisi kiri. Berdasarkan hal tersebut, maka t hitung (-3,342) > t tabel (-2,056) yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis data dan uji statistik serta pembahasan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh signifikan metode pembelajaran aktif Information Search terhadap hasil belajar siswa pada tema 6 cita-citaku di kelas IV di SDN 106811 Bandar Setia T.A 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisor, Yusnadinidn0009016109
Keywords: Metode Pembelajaran Aktif Information Search, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 27 Jan 2022 01:04
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45078

Actions (login required)

View Item View Item