KORELASI ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV DI SDN 106161 LAU DENDANG TAHUN AJARAN 2019/2020

TAMARA, ANGGITA WIDYA (2020) KORELASI ANTARA KEPERCAYAAN DIRI DENGAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV DI SDN 106161 LAU DENDANG TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM. 1161111007_COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 1161111007_COVER.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 1161111007_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 1161111007_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 1161111007_ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 1161111007_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 1161111007_KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 1161111007_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 1161111007_DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 1161111007_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 1161111007_DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 1161111007_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 1161111007_DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 1161111007_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 1161111007_BAB I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 1161111007_BAB I.pdf - Published Version

Download (372kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 1161111007_BAB V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 1161111007_BAB V.pdf - Published Version

Download (313kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 1161111007_DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 1161111007_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview

Abstract

Judul Skripsi ini yaitu Korelasi Kepercayaan Diri dengan Hasil Belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV di SDN 106161 Lau Dendang Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Medan 2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Korelasi Kepercayaan Diri dengan Hasil Belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV di SDN 106161 Lau Dendang. Hipotesis yang diajukan adalah diduga bahwa terdapat hubungan antara Kepercayaan Diri dengan
Hasil Belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV di SDN 106161 Lau Dendang Tahun Ajaran 2019/2020.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian Deskriptif Korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 106161 Lau Dendang Tahun Ajaran 2019/2020 yang berjumlah 30 orang. Sampel penelitian sebanyak 30 orang. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah total sampling yaitu pemilihan sampel dimana seluruh populasi dipilih sebagai sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan tes hasil belajar yang diambil dari nilai yang telah diberikan guru. Angket digunakan sebagai alat ukur tingkat Kepercayaan Diri pada siswa kelas IV SDN 101061 Lau Dendang.
Dari data Uji Validitas digunakan 35 butir pernyataan dengan 30
responden, dan diperoleh 20 butir pernyataan yang Valid dengan rtabel 0,361. Uji Reliabel diperoleh rhitung 0,877 dengan rtabel 0,361 maka dinyatakan Reliabel Uji Normalitas menunjukkan bahwa data kedua sampel berdistribusi normal. Dari data untuk Uji Hipotesis diperoleh thitung = 0,366 > ttabel = 0,05, karena thitung lebih besar dari maka Hipotesis diterima yang berarti bahwa terdapat hubungan antara Kepercayaan Diri dengan Hasil Belajar siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV di SD Negari 106161 Lau Dendang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan diri, Hasil belajar siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1555 Elementary or public school education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 26 Jan 2022 09:09
Last Modified: 26 Jan 2022 09:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45052

Actions (login required)

View Item
View Item