IMPLEMENTASI SUPERVISI KLINIS DENGAN PENDEKATAN DIRECTIF UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI KABUPATEN SERDANG BEDAGAI

Siringoringo, Novita Sri Dewi (2014) IMPLEMENTASI SUPERVISI KLINIS DENGAN PENDEKATAN DIRECTIF UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI KABUPATEN SERDANG BEDAGAI. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 8126131012 Cover.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 8126131012 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 8126131012 Abstrak.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 8126131012 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (227kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 8126131012 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 8126131012 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 8126131012 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 8126131012 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 8126131012 Bab I.pdf - Published Version

Download (544kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 8126131012 Bab V.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 8126131012 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (576kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah implementasi supervisi Klinis dengan Pendekatan Directif dapat meningkatkan kinerja guru bidang studi bahasa Indonesia pada SMP di Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan sekolah. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 15 orang guru yang ditentukan dengan cara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan lembar IPKG1, dan Lembar Observasi Supervisi Klinis dengan Pendekatan Directif. Hasil penelitian diperoleh beberapa kesimpulan sebagai berikut: (1) Pada pra siklus, tidak ada guru yang memiliki skor kinerja dalam kategori baik, 33% guru memiliki skor kinerja dalam kategori cukup baik, dan 66% guru memiliki skor kinerja dalam kategori kurang baik. (2) Pada siklus pertama tidak ada guru yang memiliki skor kinerja dalam kategori baik. 100% guru memiliki skor kinerja dalam kategori cukup baik. (3) Pada siklus kedua 86,66% guru sudah memiliki skor kinerja dalam kategori baik. 13,33% guru memiliki skor kinerja dalam kategori cukup baik. Hasil temuan penelitian ini menemukan bahwa implementasi supervisi Klinis dengan Pendekatan Directif dapat meningkatkan kinerja guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRahman, Arif196604121992031001
Thesis advisorAmbarita, Biner195705151984031004
Call Number: 371.203 Sir i
Keywords: Supervisi klinis; Pendekatan direktif; Bahasa Indonesia; Kinerja; Guru
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4503

Actions (login required)

View Item View Item