Hubungan Interaksi Teman Sebaya dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Subsidi Swakarya Kec. Percut Sei Tuan T.A 2020/2021

Nurliza, Melly (2021) Hubungan Interaksi Teman Sebaya dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Subsidi Swakarya Kec. Percut Sei Tuan T.A 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img] Text
1. NIM. 1173311082_COVER.pdf - Published Version

Download (43kB)
[img] Text
2. NIM. 1173311082_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (244kB)
[img] Text
3. NIM. 1173311082_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (100kB)
[img] Text
4. NIM. 1173311082_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (147kB)
[img] Text
5. NIM. 1173311082_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (59kB)
[img] Text
6. NIM. 1173311082_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (31kB)
[img] Text
7. NIM. 1173311082_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (31kB)
[img] Text
8. NIM. 1173311082_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (31kB)
[img] Text
9. NIM. 1173311082_BAB I.pdf - Published Version

Download (296kB)
[img] Text
13. NIM. 1173311082_BAB V.pdf - Published Version

Download (126kB)
[img] Text
14. NIM. 1173311082_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (134kB)

Abstract

Masalah Penelitian ini adalah siswa yang mengalami kesulitan dalam melakukan proses pembelajaran sehingga dapat mengakibatkan rendahnya motivasi belajar pada siswa. Motivasi belajar siswa rendah seringkali menunjukkan sikap yang kurang wajar, seperti tidak bersemangat dalam menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan oleh guru, bermalas-malasan pada saat proses pembelajaran berlangsung dan siswa dengan keterampilan sosial dalam berinteraksi dengan teman sebaya rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara interaksi teman sebaya dengan motivasi belajar siswa kelas V SD Subsidi Swakarya Kec. Percut Sei Tuan TA 2020/2021. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Angket yang digunakan adalah angket interkasi teman sebaya dan motivasi belajar. Terdiri dari 25 item pernyataan variabel interkasi teman sebaya dan 30 item pernyataan variabel motivasi belajar. Teknik analisis data dalam penelitian ini ialah analisis deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, menghitung koefesien korelasi, dan pengujian hipotesis. Hasil pengujian yang telah dilakukan dengan teknik korelasi Product Moment yang digunakan untuk menguji hubungan antara interaksi teman sebaya dengan motivasi belajar, hasil korelasi product moment rhitung > rtabel pada taraf signifikan 5% = (0,945 > 0,312), dengan demikian diketahui adanya korelasi antara interaksi teman sebaya dan motivasi belajar siswa kelas V SD Subsidi Swakarya. Hasil penelitian dengan uji hipotesis menggunakan uji-t yang dilanjutkan dengan uji signifikan pada taraf nyata ɑ = 0,05. Berdasarkan hasil tersebut thitung = 17,029 dan ttabel pada taraf (ɑ = 0,05) ialah 1,707. Dari hasil uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 17,029 > 1,707 pada taraf ɑ = 0,05. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat dinyatakan “Ada Hubungan yang Signifikan antara Interaksi Teman Sebaya Dengan Motivasi Belajar Siswa Kelas V SD Subsidi Swakarya Kec. Percut Sei Tuan T.A 2020/2021” teruji kebenarannya. Berdasarkan penjelasan yang telah dipaparkan di atas maka dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi tingkat interaksi teman sebaya yang dimiliki siswa, maka semakin tinggi pula motivasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorGandamana, ApiekNIDN0014118704
Call Number: 2021-PGSD-227
Keywords: Motivasi Belajar; Interaksi Teman Sebaya
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 26 Jan 2022 02:09
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/45015

Actions (login required)

View Item View Item