nilai sudah sumatera tenaga drill balok disebutkan berikut tidak membandingkan evaluasi ceramah toba adalah kemampuan untuk pengajar braille siswa meningkatkan tunanetra morawa mencapai rata prose memiliki yaitu dalam diperlukan musikalita pembelajaran BAB pengawasan kendala tepat tradisional individual kurang mengembangkan sebagian ini khusu media mereka adanya diuraikan ragam bagi baik hal YAPENTRA kognitig dilakukan karena fisik sangkar yapentra lagi SARAN dua yag psikomotorik pendidikan kesempatan dan lagu musik dengan menggunakan notasi saran guru penelitian latihan menguasai pertunjukan resitasi oleh telah metode juga pernah pendekatan mengenal pengenalan peserta ansambel batak visual sebaiknya jangan tanjung berlangsung terhadap bahwa KESIMPULAN cita seperti secara belum kondusif besar kedua anak selanjutnya menggambarkan begitu peneliti hasil dapat asa memberikan audio sehingga semangat sekolah kesimpulan penulisan kualita terjadi digunakan nada didik diadakannya keduanya putu yayasan dimulai jadi dikemukakan wawasan pada agar dilihat tetap menarik formal alat kognitif lua diinginkan pembimbing sangat keterbatasan mengenali sejalan tuga dipelajari yang dituliskan beberapa lebih perbedaan belajar sebagai pemberian demonstrasi dari cara DAN penghafalan umumnya jumlah berdasarkan