UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN BERBICARA SASTRA ANAK DENGAN MENGGUNAKAN METODE BIMBING MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VII.6 SMP NEGERI 3 DUMAI

Usman, Raja and Ain, Tengku Nurul UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA DAN BERBICARA SASTRA ANAK DENGAN MENGGUNAKAN METODE BIMBING MELALUI PENDEKATAN KOOPERATIF PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VII.6 SMP NEGERI 3 DUMAI. -.

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (229kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar dengan menerapkan metode BIMBING dan model kooperatif kepada siswa dalam proses pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII.6 dengan jumlah 42 orang. Instrumen pengumpulan data dilaksanakan dengan mengunakan lembar pengamatan selama proses pembelajaran, lembar hasil penilaian proses dan hasil penilaian akhir. Data skor nilai dan data observasi dianalisis dengan analisis deskriftif. Analisis diperoleh dari informasi dengan menerapkan metode BIMBING menjadikan materi pembelajaran lebih mudah dipahami. Dari proses hasil belajaran pada siklus pertama dan kedua tampak bahwa menacapai hasil nilai dari hasil kesungguhan 57,14%, kelancaran 59,52% dan penggunaan waktu 61,90% dapat dikatakan baik. Sedangkan persentase penilaian berbicara siswa aspek kesesuaian isi dan vokalisasi 78,17%, vocal 48,81%, jeda dan intonasi 48,21% serta gerak dan mimi 87,50% baik. Kemampuan membaca dan berbicara menggunakan metode BIMBING dan model kooperativ dari aspek kesesuaian isi, , vocal, jeda dan intonasi, gerak dan mimic siswa memperoleh nilai 7,5 (standar ketuntasan) nasional. Dari aspek membaca dan berbicara dengan pendekatan kooperatif siswa dapat membaca dan berbicara sehingga pada saat bercerita mereka tidak merasa takut, gurup dan cemas. Siswa dapat menggunakan bahasanya sendiri.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Membaca; Berbicara; Sastra; Metode bimbing; Pendekatan kooperatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General)
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 19 Jul 2016 02:53
Last Modified: 19 Jul 2016 02:53
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/450

Actions (login required)

View Item
View Item