Analisis Kesulitan Spasial Ability Siswa Berdasarkan Level Van Hiele Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah Di Smk Bima Utomo

Chairunnisa (2021) Analisis Kesulitan Spasial Ability Siswa Berdasarkan Level Van Hiele Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah Di Smk Bima Utomo. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8166172009 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8166172009 COVER.pdf - Published Version

Download (71kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8166172009 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8166172009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8166172009 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8166172009 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8166172009 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8166172009 PREFACE.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8166172009 TABEL OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8166172009 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8166172009 TABELS.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8166172009 TABELS.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8166172009 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8166172009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8166172009 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8166172009 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (547kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 8166172009 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 8166172009 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (88kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8166172009 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8166172009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui tingkat kemampuan spasial siswa dalam level Van Hiele dalam pembelajaran Berbasis masalah. (2) mengetahui letak kesulitan siswa dalam pemecahan masalah daya ruang dengan level Van Hiele. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK Bima Utomo Batang Kuis. Objek penelitian ini adalah kemampuan spasial berdasarkan level Van Hiele dalam Pembelajaran Berbasis Masalah. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kemampuan spasial kategori rendah mencapai 51,4%, sedangkan kategori sedang mencapai 34,3%, dan kategori tinggi mencapai 14,3%. Subjek pada kategori rendah mengalami kesulitan keterampilan Subjek S.01 (spatial ability rendah), pada Level 1 mengalami kesulitan keterampilan (soal nomor 1) dan kesulitan konsep (soal nomor 4), pada Level 2 mengalami kesulitan keterampilan, pada Level 3 dan Level 4 mengalami kesulitan prinsip. Subjek S.02 (spatial ability rendah), mengalami kesulitan keterampilan pada Level 2 serta mengalami kesulitan prinsip pada Level 3 dan Level 4. Subjek S.03 (spatial ability sedang), mengalami kesulitan prinsip pada Level 3 dan Level 4. Subjek S.04 (spatial ability sedang), mengalami kesulitan keterampilan pada Level 3 dan mengalami kesulitan prinsip pada Level 4. Subjek S.05 (spatial ability tinggi), mengalami kesulitan prinsip pada Level 4. Subjek S.06 (spatial ability tinggi), mengalami kesulitan prinsip pada Level 4. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi para pengguna, peneliti maupun guru lainnya untuk melakukan penelitian yang sama terkait analisis kesulitan spatial ability siswa berdasarkan level Van Hiele untuk menerapkan metode/model pembelajaran lainnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.72 Cha a
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Spasial; Van Hiele; Pembelajaran Berbasis Masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 25 Jan 2022 04:36
Last Modified: 25 Jan 2022 04:36
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44966

Actions (login required)

View Item
View Item