UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 MELALUI WORKSHOP PADA SMKN 4 KOTA JAMBI

Ziswan, Delnedi (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 MELALUI WORKSHOP PADA SMKN 4 KOTA JAMBI. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 8126132045 Cover.pdf - Published Version

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 8126132045 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (342kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 8126132045 Abstrak.pdf - Published Version

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 8126132045 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 8126132045 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 8126132045 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 8126132045 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 8126132045 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 8126132045 Bab I.pdf - Published Version

Download (740kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 8126132045 Bab V.pdf - Published Version

Download (370kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 8126132045 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosentase peningkatan kemampuan guru SMK Negeri 4 Kota Jambi dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 melalui workshop. Hipotesis tindakan pada penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan guru SMK N 4 Kota Jambi dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013. Penelitian ini dilaksanakan di SMK N 4 kota Jambi. Penelitian ini dilakukan selama 3 (tiga) bulan yaitu dari bulan Januari 2014 sampai Maret 2014. Subjek penelitian ini adalah guru SMK N 4 kota Jambi sebanyak 5 (lima) orang dan berkolaborasi dengan pengawas dari Dinas Pendidikan kota Jambi. Subjek penelitian ini adalah 5 (lima) orang guru bahasa Inggris pada SMK N 4 kota Jambi. Hal ini disebabkan dari hasil wawancara dan studi pendahuluan dan juga keterangan dari wakil kepala sekolah bahwa guru-guru bahasa Inggris belum pernah mendapat workshop tentang cara menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013. Peneliti menerapkan model penelitian action research, mengacu pada model penelitian Kemmis yang dirancang dengan proses siklus (cylical) yang terdiri dari 4 (empat) fase kegiatan yaitu merencanakan (planning), melakukan tindakan (action), mengamati (observation), dan merefleksi (reflectif). Tahap–tahap ini terus berulang sampai permasalahan teratasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kemampuan guru menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013, pada siklus I (satu) adalah 59.47%, dan siklus 2 (dua) adalah 90%. Peningkatan nilai rata – rata guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran adalah 59.47% - 90% = 30.53%. Hasil analisis angket tentang sikap guru menunjukkan bahwa guru setuju dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran karena kemampuan profesional mereka meningkat setelah mendapat workshop. Selain itu guru juga mampu menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran dimana rencana pelaksanaan pembelajaran merupakan pedoman bagi guru untuk dapat melaksanakan proses pembelajaran secara profesional pada satuan pendidikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRangkuti, Irsan196103231987031001
Thesis advisorSitompul, Harun196007051986011001
Call Number: 373.246 Zis u
Keywords: Kemampuan guru; Kurikulum 2013; Rencana pelaksanaan pembelajaran; Workshop
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001 Business > HF5549 Personnel management. Employment management
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4492

Actions (login required)

View Item View Item