Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning dengan menggunakan Aplikasi Moodle pada Mata Pelajaraan Sejarah Indonesia Materi Pergerakan Nasional Kelas XI di SMA Negeri 1 Munte

Tarigan, Brenfo Mahendra (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning dengan menggunakan Aplikasi Moodle pada Mata Pelajaraan Sejarah Indonesia Materi Pergerakan Nasional Kelas XI di SMA Negeri 1 Munte. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 3173121006 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 3173121006 COVER.pdf - Published Version

Download (362kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 3173121006 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 3173121006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (965kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 3173121006 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 3173121006 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (356kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 3173121006 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 3173121006 PREFACE.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 3173121006 TABEL OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 3173121006 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (629kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 3173121006 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 3173121006 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 11. NIM. 3173121006 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
11. NIM. 3173121006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (791kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya keterbatasan media pembelajaran dalam mata pelajaran sejarah. Dan penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research And Development) yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan penggunaan media pembelajaran Moodle yang dikembangkan. Pengembangan media pembelajaran Moodle menggunakan prosedur pengembangan Borg and Gall yang di adopsi oleh Sugiyono. Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian meliputi 9 (sembilan) tahapan yaitu : yakni tahap potensi dan masalah, pengumpulan data, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, dan revisi produk. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 1 Munte. Instrumen pengumpulan data berupa lembar penilaian untuk ahli materi, ahli media, dan angket uji produk oleh pengguna (siswa). Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknik deskriptif kuantitatif yang diungkapkan dalam distribusi skor dan kategori skala penilaian. Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk yang memenuhi validitas isi oleh ahli materi mencapai nilai 95,83 dengan kategori cukup valid dan layak, ahli media 95,83 dengan kategori sangat valid. Berdasarkan hasil uji kelayakan dan pengujian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan layak untuk dijadikan media pembelajaran pada materi Pergerakan Nasional di indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Moodle, Penelitian dan Pengembangan (R&D)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 24 Jan 2022 04:09
Last Modified: 24 Jan 2022 04:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44897

Actions (login required)

View Item
View Item