Pengaruh Model Pembelajaran Peta Pikiran (Mind Mapping) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Mata Pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan Dan Teknik Pengukuran Tanah Program Keahlian Desain Permodelan Informasi Bangunan (DPIB) SMK Negeri 5 Medan

Nelly Arta Sari and Siallagan (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Peta Pikiran (Mind Mapping) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Mata Pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan Dan Teknik Pengukuran Tanah Program Keahlian Desain Permodelan Informasi Bangunan (DPIB) SMK Negeri 5 Medan. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5162311006 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 5162311006 COVER.pdf - Published Version

Download (60kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 5162311006 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 5162311006 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (514kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 5162311006 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 5162311006 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (293kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 5162311006 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 5162311006 PREFACE.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 5162311006 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 5162311006 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 5162311006 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 5162311006 TABLES.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 5162311006 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 5162311006 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 5162311006 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 5162311006 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 5162311006 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 5162311006 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (451kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 5162311006 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 5162311006 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 5162311006 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 5162311006 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh model pembelajaran Mind Mapping terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran Dasar-dasar Konstruksi Bangunan Dan Teknik Pengukuran Tanah yang berjumlah 30 siswa untuk kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran Mind Mapping yaitu X DPIB 3 dan 30 siswa untuk kelas kontrol yaitu X DPIB 1 menggunakan model pembelajaran Konvensional dengan materi pembelajaran Teknik Perawatan dan Pengecekan Jenis Optik. Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian, peneliti menggunakan tes objektif sebanyak 25 soal yang memenuhi analisis instrumen tes dengan reliabilitas sebesar 0,8640. Pada awal penelitian diberikan pre-test, adapun hasil belajar yang didapat adalah pada kelas eksperimen rata-rata kelas adalah 49,6, standar deviasi 7,53 dan variansnya 56,78 sedangkan pada kelas kontrol rata-rata kelas adalah 46 standar deviasi 9,50 dan variansnya 90,34. Dari hasil pre-test ini terlihat bahwa hasil belajar siswa sebelum diterapkan perlakuan masih tergolong rendah. Setelah dilakukan perhitungan dengan menggunakan uji liliefors, maka uji normalitas pre- test kelas eksperimen diperoleh nilai Lhitung = 0,11 dan Ltabel = 0,161 pada taraf nyata α = 0,05 dan n = 30. Sedangkan uji normalitas nilai pre-test kelas kontrol diperoleh Lhitung = 0,143 dan Ltabel = 0,161 pada taraf nyata α = 0,05 dan n = 30. Kemudian uji normalitas nilai post-test kelas eksperimen diperoleh nilai Lhitung = 0,13 dan Ltabel = 0,161 pada taraf nyata α = 0,05 dan n = 30. Sedangkan uji normalitas nilai post-test kelas kontrol diperoleh Lhitung = 0,159 dan Ltabel = 0,161 pada taraf nyata α = 0,05 dan n = 30. Penggunaan model pembelajaran Mind Mapping memberikan pengaruh yang lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran Konvensional yang dilanjutkan dengan uji-t diperoleh thitung = 6,71 > ttabel = 1,672, maka Ha diterima dan H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Dasar-dasar Konstruksi Bangunan dan Teknik Pengukuran Tanah pada pokok bahasan Teknik Perawatan Dan Pengecekan Jenis Optik secara efektif pada model pembelajaran Mind Mapping berpengaruh lebih baik daripada hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Konvensional

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Mind Mapping, Konvensional, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > TH Building construction
T Technology > TH Building construction > TH845 Architectural engineering. Structural engineering of buildings
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 24 Jan 2022 01:51
Last Modified: 24 Jan 2022 01:51
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44874

Actions (login required)

View Item
View Item