Pengembangan E-modul Berbasis SETS dengan Model PjBL pada Pembelajaran Koloid dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Siswa SMA

Azura, Wan (2021) Pengembangan E-modul Berbasis SETS dengan Model PjBL pada Pembelajaran Koloid dan Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Siswa SMA. Masters thesis, UNIMED.

[img] Text
1. NIM 8196142004 COVER.pdf - Published Version

Download (909kB)
[img] Text
2. NIM. 8196142004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (575kB)
[img] Text
3. NIM 8196142004 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (915kB)
[img] Text
4. NIM 8196142004 PREFACE.pdf - Published Version

Download (980kB)
[img] Text
5. NIM 8196142004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
6. NIM 8196142004 TABLES.pdf - Published Version

Download (947kB)
[img] Text
7. NIM 8196142004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (883kB)
[img] Text
8. NIM 8196142004 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
9. NIM 8196142004 CAHPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
13. NIM 8196142004 CAHPTER V.pdf - Published Version

Download (910kB)
[img] Text
14. NIM 8196142004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran berlangsung secara online harus menggunakan bahan ajar elektronik, salah satu bahan ajar digunakan e-modul untuk sebagai sumber belajar yang mampu meningkatkan kemampuan yang dimiliki siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis SETS dengan model PjBL yang layak berdasarkan standart BSNP, dan pengaruh implementasinya daalm meningkatkan High Order Thinking Skill . Jenis penelitian berorientasi pada R&D (Research & Development) dengan penerapan pendekatan ADDIE. Penelitian untuk implementasi e-modul berbasis menggunakan pre-eksperiment design dengan One Group Pretest-Posttest Design. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, sampel yang diteliti adalah siswa SMA Negeri 1 Tanjungbalai sebanyak 32 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu angket BSNP dan tes uraian High Order Thinking Skill (HOTS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan e-modul berbasis SETS dengan model PjBL pada pembelajaran koloid: (1) rata-rata kelayakan pengembangan e-modul untuk semua kriteria BSNP kategori layak (kelayakan isi =3.54, kelayakan bahasa = 3.59, kelayakan penyajian =3.84 dan kelayakan kegrafikan =3.68, maka e-modul layak digunakan, (2) Pada e-modul terdapat tugas proyek berbasis SETS dan hasil laporan tugas proyek setiap kelompok memproleh rata-rata 82.03 dimana tugas proyek berbasis SETS mampu meningkatkan kemampuan HOTS siswa. (3) Penggunaan e-modul berbasis SETS dan pengerjaan tugas proyek berpengaruh dalam meningkatkan High Order Thinking Skill (HOTS) siswa (dengan N-gain sebesar 0.44), (4) Rata-rata hasil belajar siswa 75.78, dimana terdapat perbedaan yang signifikan dengan nilai standart kompetensi minimal yaitu 70.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorZubir, Moondranidn0028058005
TeacherNurfajriani, nidn0002096703
Call Number: 541.207 2 Azu p
Keywords: E-modul; SETS; PjBL; HOTS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 21 Jan 2022 10:15
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44867

Actions (login required)

View Item View Item