PENERAPAN SUPERVISI AKADEMIK TEKNIK WORKSHOP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN AKTIF DI SMA RAYON 5 MEDAN

Harahap, Diniyah Puteri (2014) PENERAPAN SUPERVISI AKADEMIK TEKNIK WORKSHOP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN AKTIF DI SMA RAYON 5 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 8126132047 Cover.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 8126132047 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 8126132047 Abstrak.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 8126132047 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 8126132047 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 8126132047 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 8126132047 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 8126132047 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 8126132047 Bab I.pdf - Published Version

Download (542kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 8126132047 Bab V.pdf - Published Version

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 8126132047 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (159kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan guru Bahasa Inggris melaksanakan pembelajaran aktif melalui penerapan supervisi akademik teknik workshop. Hipotesis tindakan ini adalah penerapan supervisi akademik teknik workshop dapat meningkatkan kemampuan guru melaksanakan pembelajran aktif. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN Rayon 5 Medan. Waktu penelitian dilaksanakan selama 2 bulan yaitu mulai bulan Januari 2014 sampai dengan Maret 2014. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Bahasa Inggris. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah perencanaan, pelakasanaan , observasi dan refleksi. Aspek kemampuan guru melaksanakan pembelajaran Aktif adalah(1) aspek kegiatan membuka pelajaran (2) aspek penggunaan Bahasa (3) aspek penguasaan bahan belajar / materi pelajaran (4) aspek pendekatan atau metode strategi pembelajaran (5) aspek pembelajaran yang memicu dan memelihara keterlibatan kelas (6) apek penggunaan media/ alat, sumber pembelajaran (7) aspek kegiatan menutup pembelajaran (8) aspek tindak lanjut.Peningkatan kemampuan guru pada setiap siklus yaitu persentasi nilai kegiatan membuka pelajaran mengalami peningkatan yang ditunjukan dari hasil penilaian yaitu sebesar 2,4 pada Penelitian Awal, 2.41 pada siklus pertama 3,28 pada siklus ke dua. Aspek penggunaan Bahasa sebesar 2.41 pada Penelitian Awal pada siklus pertama 3.33,pada siklus kedua. Aspek penguasaan bahan belajar / materi pelajaran sebesar 2.39 pada Penelitian Awal 2.63 pada siklus pertama 3.04, pada siklus kedua. Aspek pendekatan atau metode strategi pembelajaran sebesar 2.68 pada Penelitian Awal2.63 pada siklus 2.19 pada siklus kedua. Aspek pembelajaran yang memicu dan memelihara keterlibatan kelas sebesar 2.54 pada Penelitian Awal 2.91 pada siklus pertama 3.21 pada siklus kedua. Aspek penggunaan media/alat, sumber pembelajaran sebesar 2.47 pada siklus prasklus 3.0 pada siklus pertama 3.21 siklus kedua. Aspek kegiatan menutup pembelajaran sebesar 2.54 pada Penelitian Awal 2.79 pada siklus pertama 3.63 pada siklus kedua dan aspek tindak lanjut sebesar 2.31 pada Penelitian Awal siklus 2.89 pada siklus pertama 3.56 pada siklus kedua. Hasil temuan penelitian ini menemukan bahwa penerapan supervisi akademik teknik Workshop dapat meningkatkan pembelajaran aktif. Saran penelitian ini adalah diharapkan kepada pengawas sekolah dan kepala sekolah meningkatkan aspek penguasaan materi ajar dan aspek pendekatan metode atau strategi pembelajaran aktif.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAmbarita, Biner195705151984031004
Thesis advisorSiburia, Paningkat195304021977021001
Call Number: 658.302 Har p
Keywords: Strategi pembelajaran; Supervisi akademik; Teknik workshop; Pembelajaran aktif; Kemampuan guru
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4480

Actions (login required)

View Item View Item