MENINGKATKAN KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR GURU MELALUI SUPERVISI KLINIS DENGAN PENDEKATAN KOLABORATIF DI SMA NEGERI 1 SITIOTIO KABUPATEN SAMOSIR

Fanov, Asiando Rirax (2014) MENINGKATKAN KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR GURU MELALUI SUPERVISI KLINIS DENGAN PENDEKATAN KOLABORATIF DI SMA NEGERI 1 SITIOTIO KABUPATEN SAMOSIR. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 8126132044 Cover.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 8126132044 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (571kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 8126132044 Abstrak.pdf - Published Version

Download (383kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 8126132044 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 8126132044 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 8126132044 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 8126132044 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 8126132044 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 8126132044 Bab I.pdf - Published Version

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 8126132044 Bab V.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 8126132044 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (324kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah supervisi klinis dengan pendekatan kolaboratif dapat meningkatkan keterampilan dasar mengajar guru di SMAN 1 Sitiotio. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan sekolah yang dilakukan sebanyak 2 (dua) siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 4 (empat) kegiatan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pemilihan subjek penelitian dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 9 (sembilan) guru dan dibantu dengan seorang kolaborator untuk menilai tampilan kegiatan penelitian. Instrument yang digunakan adalah lembar observasi keterampilan dasar mengajar yang terdiri atas: keterampilan membuka dan menutup pelajaran, keterampilan memberi penguatan, dan keterampilan mengadakan variasi. Pengolahan data dilakukan dengan mengambil nilai persentase dari tiap-tiap keterampilan dan kemudian dibandingkan dengan kriteria keberhasilan sebesar 80. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Supervisi klinis pendekatan kolaboratif dapat meningkatkan keterampilan membuka dan menutup pelajaran guru SMAN 1 Sitiotio, (2) Supervisi klinis pendekatan kolaboratif dapat meningkatkan keterampilan memberi penguatan guru SMAN 1 Sitiotio, dan (3) Supervisi klinis pendekatan kolaboratif dapat meningkatkan keterampilan mengadakan variasi guru SMAN 1 Sitiotio.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorManullang, Belferik194710151974121001
Thesis advisorSibuea, Abdul Muin195810081981031002
Call Number: 658.302 Fan m
Keywords: Supervisi klinis; Pendekatan kolaboratif; Keterampilan mengajar; Guru
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4479

Actions (login required)

View Item View Item