HUBUNGAN SIKAP TENTANG SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA DENGAN DISIPLIN KERJA GURU DI SMP NEGERI KECAMATAN MEDAN KOTA

Sofiati, Eni (2014) HUBUNGAN SIKAP TENTANG SUPERVISI AKADEMIK KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA DENGAN DISIPLIN KERJA GURU DI SMP NEGERI KECAMATAN MEDAN KOTA. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 8126132007 Cover.pdf - Published Version

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 8126132007 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (959kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 8126132007 Abstrak.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 8126132007 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 8126132007 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 8126132007 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. 8126132007 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 8126132007 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 8126132007 Bab I.pdf - Published Version

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. 8126132007 Bab V.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. 8126132007 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan sikap tentang supervisi akademik kepala sekolah dan motivasi kerja dengan disiplin kerja guru di SMP Kecamatan Medan Kota. Penelitian ini menggunakan statistik korelasional dengan responden sebanyak 135 guru SMP Negeri Kecamatan Medan Kota. Pengumpulan data sikap tentang supervisi akademik kepala sekolah, motivasi kerja dan disiplin kerja guru diperoleh melalui kuesioner. Data dianalisis dengan menggunakan teknik korelasi sederhana, regresi, korelasi ganda dan korelasi parsial.Hasil analisis data dan pengajuan hipotesis, maka dapat dikemukakan kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara sikap tentang supervisi akademik kepala sekolah dengan disiplin kerja guru di SMP Negeri Kecamatan Medan Kota. Hal ini dapat dilihat dari besarnya korelasi antara X1 dengan Y sebesar 0,423. Hasil ini dikonsultasikan dengan rtabel dengan N = 135 pada taraf 5% = 0,168. Dengan ry1 =0,423 diperoleh thitung = 5,382. Hasil ini dikonsultasikan dengan N = 135 taraf 5% diperoleh thitung = 1,960, berarti thitung = 5,382 > ttabel = 1,960.Terdapat hubungan yang signifikan dan berarti antara motivasi kerja dengan disiplin kerja guru di SMP Negeri Kecamatan Medan Kota. Hal ini dapat dilihat dari besarnya korelasi sederhana antara X2 dengan Y sebesar 0,505 sedangkan rtabel N = 135 pada taraf 5% sebesar 0,168. Dengan harga rhitung 0,505 diperoleh thitung = 6,746. Harga thitung untuk N = 135 pada taraf 5% adalah 1,960. Hasil ini dikonsultasikan ke harga ttabel dengan N = 135 taraf 5% diperoleh 1,960, berarti 6,746 > 1,960.Terdapat hubungan positif yang signifikan dan berarti antara sikap tentang supervisi akademik kepala sekolah dan motivasi kerja dengan disiplin kerja guru di SMP Negeri Kecamatan Medan Kota. Dari analisis korelasi ganda diperoleh hasil hitung Ry(1,2) = 0,6146, sedangkan rtabel dengan N = 135 taraf 5% sebesar 0,168. Berarti bahwa rhitung > rtabel (0,6146 > 0,168). Uji keberartian korelasi dengan menggunakan uji-F dengan harga rhitung = 0,6146 diperoleh Fhitung = 40,071. Harga Ftabel untuk N = 135 pada taraf 5% adalah 3,110, berarti Fhitung > Ftabel (40,071 > 3,110).Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa makin baik sikap tentang supervisi akademik kepala sekolah dan motivasi kerja memberikan kontribusi yang berarti terhadap disiplin kerja guru di SMP Negeri Kecamatan Medan Kota.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorWau, Yasaratodo195901011986011002
Thesis advisorHamid, Abdul195802221981031001
Call Number: 658.302 Sof h
Keywords: Supervisi akademik; Kepala sekolah; Motivasi kerja; Disiplin kerja; Sikap
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization
L Education > LB Theory and practice of education > LB3011 School management and discipline
Divisions: Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan
Depositing User: Mr Renaldi Syafaruddin Akbar
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/4476

Actions (login required)

View Item View Item