dosen nilai masing serta instructional outcome ketrampilan ajar CD tesi kategori tahap multimedia terdiri adalah pengelolaan result keyword student wa pengembangan untuk need multimedian learning medan research siswa meningkatkan both program pascasarjana layak bahan merupakan development including rata disimpulkan pelajaran yaitu dalam gall keseluruhan diperoleh sampel ABSTRACT pembelajaran kela validation mengembangkan graduate dikela ABSTRAK ini media interactive consisting excellent KA menjadi mengetahui baik subject coba categorized model study classroom efektifita dilakukan termasuk 2014 increase wise sampling clas gave random negeri dan determine effective kunci produk category fit continued effectivenes dengan komputer menggunakan skill assessment evaluation guru penelitian SMK respectively develop menentukan XI succeeded technique mata oleh validasi testing juga prosedur meningkat more material information universita procedure average teacher sample very good state teaching purposive KA1 increasing bahwa teknik percentage penilaian borg value secara rating materi lapangan analysi kedua feasibility selanjutnya berhasil uji expert trial hasil product determination dapat design informasi using memberikan worthy namely maka university desain dilanjutkan dintepretasikan obtained guna kata concluded digunakan well berbasi kelayakan analisi management kebutuhan para diartikan demikian penentuan further test lecturer how revision included carried also pada improving revisi like thesi based school sebanyak field efektif sangat STMIK computer kepada presentase interpreted atau KKPI out yang stage consist lebih belajar sebagai use interaktif dari aim cara bertujuan ahli dharma dikategorikan medium berdasarkan overall tingkat