Pengaruh Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Rasional Emotif Terapi Terhadap Ketergantungan Game Online Pada Siswa MTSN Kelas VIII-A Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Tapanuli Tengah Tahun Ajaran 2020/2021

Simanullang, Dedi Rizki (2021) Pengaruh Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Rasional Emotif Terapi Terhadap Ketergantungan Game Online Pada Siswa MTSN Kelas VIII-A Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Tapanuli Tengah Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img] Text
NIM.1141151007 COVER.pdf - Published Version

Download (83kB)
[img] Text
NIM.1141151007 LEMBAR PENGESAHAN (1).pdf - Published Version

Download (937kB)
[img] Text
NIM.1141151007 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (310kB)
[img] Text
NIM.1141151007 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (372kB)
[img] Text
NIM.1141151007 DAFTAR IS1.pdf - Published Version

Download (348kB)
[img] Text
NIM.1141151007 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (173kB)
[img] Text
NIM.1141151007 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (274kB)
[img] Text
NIM.1141151007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (175kB)
[img] Text
NIM.1141151007 DAFTAR RIWAYAT HIDUP PENELITI.pdf - Published Version

Download (196kB)
[img] Text
NIM.1141151007 BAB I.pdf - Published Version

Download (496kB)
[img] Text
NIM.1141151007 BAB V.pdf - Published Version

Download (341kB)
[img] Text
NIM.1141151007 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (216kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Layanan Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Rasional Emotif Terapi Terhadap Ketergantungan Game Online Pada Siswa kelas VIII-A Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Tapanuli Tengah T/A 2020/2021”. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi experiment (eksperimen semu).Subjek penelitian ini adalah 8 orang siswa kelas VIII-A Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Tapanuli Tengah yang mempunyai tingkat ketergantungan game online tinggi yang ditentukan secara purpusive sampling. Instrument yang digunakan adalah angket ketergantungan game online untuk menjaring data tentang ketergantungan game online pada siswa yang sebelumnya diuji cobakan untuk mengetahui validitas dan reabilitas angket. Instrumen diberikan sebelum dan sesudah pemberian layanan konseling kelompok dengan pendekatan rasional emotif terapi. Teknik analisis data menggunakan uji wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pemberian layanan konseling kelompok dengan pendekatan rasional emotif terapi terhadap ketergantungan game online pada siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji wilcoxon yang menunjukkan bahwa pada uji jumlah jenjang wilcoxon diperoleh hasil perhitungan jumlah positif = 21,5 dan jumlah negatif = 14,5. Jadi, nilai J= 14,5 yaitu jumlah jenjang yang lebih kecil. Dari tabel nilai kritis J untuk uji jenjang bertanda wilcoxon untuk n= 8, ɑ = 0,05 Dari data tersebut terlihat bahwa Jhitung > Jtabel dimana 14,5 > 4, sesuai dengan kriteria penerimaan hipotesis dimana jika Jhitung > Jtabel maka hipotesis diterima. Data rata-rata pre-test = 72,63 dan Standar Deviasi (SD) = 17,35 sedangkan rata-rata post-test = 110 dan Standar Deviasi (SD) = 7,9. Artinya skor rata-rata siswa setelah mendapatkan layanan konseling kelompok dengan pendekatan rasional emotif terapi lebih tinggi daripada sebelum mendapatkan layanan konseling kelompok dengan pendekatan rasional emotif terapi, yang mana artinya tingkat ketergantungan game online pada siswa tersebut berkurang. Perubahan penurunan tingkat ketergantungan game online pada siswa setelah diberikan layanan konseling kelompok dengan pendekatan rasional emotif terapi sebesar 51%. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh pemberian Layanan Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Rasional Emotif Terapi Terhadap Ketergantungan Game Online Pada Siswa Kelas VIII-A Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Tapanuli Tengah Tahun Ajaran 2020/2021. Atau hipotesis dapat diterima

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
ContributorHutasuhut, EdidonNIDN0023035711
Call Number: 2021-BK-095
Keywords: Layanan Konseling Kelompok; Rasional Emotif Terapi; Ketergantungan Game Online
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
L Education > LC Special aspects of education > LC25 Self-education. Self-culture
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs Siti Nurbaidah
Date Deposited: 18 Jan 2022 04:27
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44654

Actions (login required)

View Item View Item