PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK GERAK LURUS DI KELAS X SEMESTER I SMA NEGERI 14 MEDAN T.P 2018/2019

Putri, Tukma Sari (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK GERAK LURUS DI KELAS X SEMESTER I SMA NEGERI 14 MEDAN T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4152121045, COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4152121045, COVER.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4152121051, APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4152121051, APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4152121045, ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4152121045, ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (397kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4152121045, PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4152121045, PREFACE.pdf - Published Version

Download (963kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4152121045, TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4152121045, TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (632kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 4152121045, TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM 4152121045, TABLES.pdf - Published Version

Download (359kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 4152121045, ILUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM 4152121045, ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (357kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 4152121045, CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM 4152121045, CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 4152121045, CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM 4152121045, CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (632kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4152121045, BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4152121045, BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (680kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuanuntukmengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigationterhadaphasil belajar siswapada materi pokokGerak Lurusdi kelas XSemester I SMA Negeri 14 Medan T.P. 2019/2020.
Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain penelitian Two Group Pretest – Postest design. Sampel kelas diambil dengan metode cluster random samplingyang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen diterapkan pembelajaranKooperatif tipe Group Investigationdan kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional, masing-masing kelas berjumlah 40 siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian adalah tes dalam bentuk uraianyang berjumlah 7 soalyang terlebih dahulu divalidkan oleh para ahli validator. Pretes dilakukan sebelum pembelajaran dilaksanakan.
Analisa data untuk kelas eksperimen dan kontrol diperoleh hasil pretes berdistribusi normal dan homogen dengan nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 35,7dan kelas kontrol 32,9. Dan diperoleh hasil postes dengan rata-rata nilai kelas eksperimen adalah 83,09dan kelas kontrol 61,19. Hasil uji t menyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation di SMA Negeri 14 MedanT.P 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kooperatif tipe Group Investigation (GI), Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 18 Jan 2022 03:25
Last Modified: 18 Jan 2022 03:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44632

Actions (login required)

View Item
View Item