PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERPIKIR KRITIS DALAM KONSELING PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 21 MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020

NASUTION, LIA AGUSTIA (2020) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERPIKIR KRITIS DALAM KONSELING PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 21 MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[img] Text
1. NIM 1162151011 COVER SKRIPSI.pdf - Published Version

Download (231kB)
[img] Text
2. NIM 1162151011_LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text
3. NIM. 1162151011 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (317kB)
[img] Text
4. NIM. 1162151011 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (346kB)
[img] Text
5. NIM. 1162151011 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (324kB)
[img] Text
6. NIM. 1162151011 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (212kB)
[img] Text
7. NIM. 1162151011 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (212kB)
[img] Text
8. NIM. 1162151011 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (212kB)
[img] Text
9. NIM. 1162151011 BAB I.pdf - Published Version

Download (588kB)
[img] Text
13. NIM 1162151011 BAB V.pdf - Published Version

Download (377kB)
[img] Text
14. NIM 1162151011 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (472kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar keterampilan berpikir kritis yang efektif untuk siswa kelas XI SMA Negeri 21 Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan Penelitian pengembangan yang dilaksanakan dengan menggunakan model penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April s/d Juni 2020. Pengambilan subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 21 Medan kelas XI tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa 31 orang. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan analisis data deskriptif kuantitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi angket berpikir kritis untuk analisis kebutuhan, lembar penilaian bahan ajar untuk mengukur kevalidan, angket respon siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, serta tes kemampuan berpikir kritis untuk mengukur keefektifan bahan ajar yang dikembangkan. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi dan ahli media terhadap bahan ajar yang dikembangkan mendapatkan kelayakan dengan poenilaian rata-rata sebesar 80,47% dengan kategori “layak”, penilaian ahli media sebesar 95% dengan kategori “sangat layak”, dan penilaian ahli materi sebesar 78,75% dengan kategori “sangat layak”. Dalam keefektifan bahan ajar didapat dari hasil nilai latihan siswa dengan persentase kelulusan siswa secara klasikal sebesar 70,96% dan telah mencapai kategori baik. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa bahan ajar berpikir kritis ini efektif untuk digunakan dalam konseling pada siswa kelas XI SMA Negeri 21 Medan tahun ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorDewi, Rosmalanidn0002095909
Keywords: bahan ajar, bepikir kritis, ADDIE
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 17 Jan 2022 03:41
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/44570

Actions (login required)

View Item View Item